Kamis, 26 Maret 2015

Presiden Minta Tiongkok Berlakukan Bebas Visa WNI

BEIJING, - Pemerintah Indonesia berharap Tiongkok bisa sejalan dengan kebijakan dalam hal pemberian bebas visa sebagaimana yang sudah dilakukan Indonesia

Permintaan ini disampaikan Presiden Joko Widodo ketika melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Xi Jinping.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke dua negara ditargetkan 10 juta pertahun. Dalam kaitan ini saya minta Pemerintah Tiongkok untuk memberikan bebas visa bagi masyarakat Indonesia yang akan berkunjung ke Tiongkok,”ucapnya.

Kebijakan ini dilakukan sebagai salah satu wujud konkret kerja sama bilateral dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk berkunjung, sehingga pertukaran wisatawan makin tinggi.

Dalam kesempatan ini,  Presiden Jokowi mengatakan dalam konteks bilateral Indonesia-Tiongkok akan melakukan kerja sama pemberantasan korupsi, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat kedua negara.

“Dan yang paling penting Indonesia mengharapkan agar beberapa target dalam hubungan Tiongkok dan Indonesia dapat tercapai dalam tiga agenda,”ucapnya.

Soal wisatawan, Presiden Xi Jinping mengatakan pihaknya bertekad untuk terus meningkatkan hubungan di bidang sosial budaya.

“Kita berpendapat Indonesia adalah kekuatan ekonomi baru yang strategis, melengkapi secara ekonomi dan saling menguntungkan dengan Tiongkok,”ucapnya




Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz