Selasa, 31 Maret 2015

Lewat OTVS 2015, Indonesia Coba Targetkan 12 Juta Wisatawan Dunia

OTTAWA, - Indonesia melalui Kedutaan Besar RI untuk Kanada berpartisipasi dalam Ottawa Travel and Vacation Show (OTVS).

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu RI, acara yang berlangsung  di Ottawa Convention Center (OCC), selama 2 hari, (28-29/3).

Pameran yang diikuti oleh lebih dari 181 exhibitor ini memenuhi sekitar 250 paviliun yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Pameran tahunan dengan tema pariwisata dan liburan ini diikuti oleh perwakilan diplomatik dari negara-negara sahabat, kantor-kantor pariwisata negara-negara sahabat, perusahaan-perusahaan yang terkait dengan bisnis pariwisata dan liburan (spt: kesehatan, ansuransi, peralatan liburan, perusahaan bus, perusahaan penerbangan, perusahaan kapal pesiar, restoran, hotel/akomodasi, dll) dan perwakilan propinsi-propinsi dan teritori Kanada.

Disamping paviliun individual, panitia juga menyediakan 2 lokasi khusus untuk kegiatan demo masak dan presentasi paket-paket perjalanan khusus.

Beberapa Kantor Kedutaan Besar negara sahabat juga berpartisipasi dalam OTVS 2015 antara lain: Afrika Selatan, Ukraina, Estonia, Jepang, Lesotho, Latvia, Lithuania, Polandia, Uganda, Tanzania, dan Uni Eropa.

Disamping itu, terdapat juga, negara-negara yang diwakili oleh lembaga Tourism Board-nya, seperti: Bahama, Barbados, Tiongkok, Kroasia, Dominika, India, Jamaika, Grenada, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Meksiko, Polandia, Puerto Rico, Rumania, Taiwan, Spanyol, Trinidad & Tobago, Tunisia dan Turki.

Selain menampilkan berbagai informasi mengenai tujuan pariwisata di Indonesia, Paviliun Indonesia juga mendiseminasikan informasi tentang sektor perdagangan dan transportasi di Indonesia, termasuk informasi mengenai rencana penyelenggaraan Trade Indonesian Expo 2015 mendatang. 

Yang menariknya Paviliun Indonesia juga membagikan makanan kecil khas Indonesia kepada para pengunjung yang melihat stand Indonesia.

Terkait dengan even ini, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kanada, Dr. T. Faizasyah, mengemukakan bahwa tujuan partisipasi KBRI Ottawa pada OTVS 2015 adalah untuk mendukung pencapaian target wisatawan manca negara, yakni dengan total 12 juta wisatawan pada tahun 2015.

Kanada sendiri selama ini memiliki kontribusi 50-56 ribu wisatawan ke Indonesia setiap tahunnya. Angka ini masih sangat memungkinkan untuk terus ditingkatkan, karena tingginya minat para wisatawan asal Kanada untuk melakukan perjalanan pariwisata ke Indonesia.

Disamping karena faktor musim dingin yang panjang di Kanada (3-4 bulan), hal ini membuat wilayah-wilayah tropis menjadi tujuan utama warga Kanada.

Selain itu, faktor tingginya pendapatan perkapita atau kesejahteraan juga menjadi faktor lain dari tingginya minat kunjungan atau liburan warga Kanada keluar negeri.

Faktor lain yang juga mendukung adalah faktor hubungan psikologis antara warga negara Kanada dengan negara-negara asal imigrasi masyarakat Kanada itu sendiri (sebagai catatan, lebih 80% dari warga negara Kanada adalah merupakan kelompok imigran/pendatang).

Dalam konteks Indonesia, disamping keberadaan diaspora Indonesia dan keluarga, di Kanada juga terdapat banyak imigran Belanda yang generasi pendahulunya pernah menetap di Indonesia.

Potensi lain yang bisa ditawarkan Indonesia ke wisatawan asal Kanada adalah wisatawan eco-tourism, diving/snorkling, surfing, kuliner dan religi.

Beberapa terobosan mulai dilakukan untuk mendukung pencapaian program pemerintah di bidang pariwisata oleh KBRI Ottawa, antara lain melalui kegiatan Indonesia Embassy Day, pendekatan kepada para travel writer Kanada, melakukan diseminasi informasi pariwisata Indonesia melalui berbagai media sosial yang dimiliki oleh Perwakilan (website, facebook dan twitter) serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan diaspora Indonesia di Kanada.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan Kanada yang berkunjung ke Indonesia dalam 3 tahun terakhir memperlihatkan trend meningkat, yakni 54.287 wisatawan (tahun 2011), 56.201 (2012) dan 56.798 (2013).



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz