Selasa, 17 Maret 2015

PBB Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Vanuatu

NEW YORK, - Pasca bencana angin topan Pam yang melanda kawasan Pasific terutama Vanuatu membuat beberapa negara dan organisasi mulai mendistribusikan bantuannya, salah satunya adalah PBB

Sebagaimana dilansir dari laman resmi mereka, Badan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (UNOCHA) mengirimkan satu tim koordinasi dan penilaian mereka ke pusat kota Vanuatu, Port Villa pada Senin (16/3) waktu setempat untuk mendukung pemerintah dalam mengkoordinasikan, menangani serta penilaian.

Kepastian ini disampaikan Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq, bahwa bantuan tersebut telah mulai dibagikan ke beberapa wilayah

“Bantuan kemanusiaan telah dimulai di berbagai daerah yang telah bisa dijangkau oleh mitra. UNICEF (Dana Anak PBB) Misalnya berada dilapangan untuk menyediakan air bersih dan dukungan kebersihan dan barang kebutuhan rumah tangga mulai diberikan kepada keluarga yang memerlukan,”ucapnya.

Sementara itu Badan PBB urusan kesahatan (WHO) telah mengkoordinasikan reaksi tanggap bencana bersama Kementerian Kesehatan di wilayah tersebut dan organisasi lain untuk menyediakan bantuan kesehatan yang sangat diperlukan bagi negara tersebut.

WHO juga mengirimkan ahli reaksi darurat dan kesehatan dengan membawa bantuan ke Vanuatu dan berkomunikasi dengan pemerintah Selandia Baru dan Australia, UNICEF serta organisasi lainnya untuk memastikan negara tersebut memperoleh sumber daya yang benar untuk memenuhi kebutuhan kesehatannya.

Sebagaimana diketahui Topan Tropis Pam menerjang kawasan Pasifik terutama Vanuatu pada Jumat (13/3) malam waktu setempat yang menewaskan sedikitnya 24 orang dan merusak atau menghancurkan lebih dari 90 persen bangunan di pulau dengan penduduk padat.

Selain Vanuatu, negara sekitar yang merasakan dampat dari angin topan Pam ini adalah Kepulauan Solomon, Tuvalu, Kiribato.




Kontak blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz