Sabtu, 14 Maret 2015

Jepang Berbagi Tips Hadapi Tsunami

SENDAI, - Sebagai tuan rumah dan juga beberapa kali mengalami bencana gempa bumi hingga tsunami membuat negeri ini pun sudah paham bagaimanan menghindar dari ancaman tersebut.

Dalam pembukaan Konferensi internasional tentang kebencanaan atau World Conference on Disaster Risk Reduction (WCDRR) Perdana Menteri Jepang pun memberikan tips bagaimana menghindar dari bencana.

“Jika tsunami datang, naiklah ke tempat yang tinggi. Selamatkan diri kalian sendiri dan dahulukan penyandang disabilitas dan anak-anak. Jangan saling tunggu teman-teman kalian karena pada satnya nanti kalian akan bertemu mereka dengan selamat di tempat yang lebih tinggi,”ucapnya.

Menurut PM Abe, Jepang adalah negara yang paling sering mengalami bencana seperti contoh Kota Tokyo yang dibangun 400 tahun lalu sudah didesain untuk menghadapi bencana

“Jepang adalah negara yang sering mengalami bencana. Kota Tokyo, sedang dibangun 400 tahun lalu sudah didesain untuk menghadapi bencana,”ucapnya.

Lewat forum ini, PM Abe berharap aka nada diskusi satu sama lain dalam menghadapi dan menanggulangi bencana alam termasuk penggunaan teknologi baru

“Nanti kita akan saling diskusi satu sama lain. Mendiskusikan teknologi baru, mempelajari hal-hal baru dan kita akan menetapkan cara baru untuk tanggulangi bencana,”ucapnya.

Indonesia sendiri hadir dalam konferensi ini diwakilkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama Menko PMK Puan Maharani.





Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz