Sabtu, 14 Maret 2015

Badai Pam Guncang Pasifik Selatan

PORT VILA, - Badai Pam mengguncang selatan Samudera Pasifik yang mengakibatkan kerusakan parah di sekitar negara kepulauan Vanuatu.

Sebagaimana dilansir sejumlah media berdasarkan laporan dari PBB serta lembaga bantuan asing bahwa badai berkuatan 270 kilometer per jam tersebut berpotensi menewaskan ratusan orang.

Menurut Direktur Eksekutif UNICEF Selandia Baru Vivien Maidaborn, pihaknya memperingatkan bahwa badai Pam akan menjadi yang terburuk di kawasan tersebut.

“Memang terlalui dini untuk mengatakannya. Namun laporan-laporan awal mengindikasikan bahwa bencana cuaca ini boleh jadi yang terburuk sepanjang sejarah Pasifik,”ucapnya.

Sementara itu menurut Badan PBB bidang kemanusiaan (UNOCHA) mengatakan setidaknya 44 orang tewas di Provinsi Penama bagian timur laut Vanuatu namun itu masih harus dikonfirmasi kembali.

Terkait dengan situasi bencana tersebut, negara tetangga Vanuatu, Australia melalui Menteri Luar Negerinya Julie Bishop siap mengirimkan tim tanggap darurat ke negara kepulauan tersebut.

“Ada angin, hujan, banjir, longsor, air pasang dan badai yang sangat merusak. Kami masih meninjau situasi namun kami bersiap membantu,”ucapnya.

Sebagai informasi, Vanuatu sendiri adalah negara berbentuk Republik yang berada di Selatan Samudera Pasfik.

Vanuatu sendiri berbatasan dengan Australia pada sebelah timur dengan ibukota Port Villa serta penduduk 267,000 jiwa yang tersebar di 65 pulau.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz