Jumat, 13 Maret 2015

India Terima Undangan Peringatan 60 Tahun KAA dan 10 Tahun NAASP

NEW DELHI, - Pemerintah India telah menerima undangan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika dan 10 tahun NAASP.

Sebagaimana dilansir dari laman Kemlu RI,  Utusan Khusus Presiden RI, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, bertemu dengan Menteri Luar Negeri India,  Sushma Swaraj, (11/3) untuk menyampaikan Undangan Presiden RI kepada PM India guna menghadiri peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika dan 10 tahun NAASP.

Utusan Khusus menyampaikan kepada Menlu Sushma mengenai arti penting kehadiran PM Narendra Modi dalam pertemuan dimaksud yang rakan diselenggarakan tanggal 22-24 April 2015.

Sebagai salah satu negara pendukung pelaksanaan KTT Asia Afrika tahun 1955, kehadiran PM Narendra Modi akan dapat mendorong peningkatan kerjasama selatan-selatan, terlebih dengan keberhasilan yang dicapai India dewasa ini di bidang ekonomi dan pembangunan.

Untuk itu, Utusan Khusus juga menyampaikan permohonan kepada PM Modi dapat menjadi salah satu keynote speakers pada Asian African Business Summit dan menyampaikan pidatonya mewakili negara-negara Asia pada acara peringatan 60 tahun KTT Asia Afrika di Bandung.

Menlu Sushma menyampaikan bahwa Pemerintah India menyambut baik undangan kepada PM Modi untuk penyelenggaraan peringatan KAA. Indonesia dinilainya merupakan mitra strategis yang penting bagi India dan memiliki kesamaan sejarah dan tujuan nasional dalam menyuarakan nasib bangsa-bangsa di Asia dan Afrika.

Terkait dengan undangan yang disampaikan Presiden RI, Menlu Sushma memastikan akan segera menyampaikan informasi tersebut kepada PM Modi yang saat penyerahan undangan sedang melakukan kunjungan kerja ke Mauritius, Seycheless dan Sri Lanka.

Pada pertemuan tersebut, Menlu India Sushma Swaraj didampingi oleh sejumlah petinggi Kemlu India antara lain Secretary East Anil Wadhwa dan Joint Secretary (South) Sanjay Bhattacharyya serta Wakil Tetap India di ASEAN Surresh Reddy.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/catatanLorcasz