Minggu, 15 Maret 2015

Badai Pam, Tim SAR Mulai Lakukan Operasi Bantuan

PORT VILLA, - Sejumlah regu pencarian dan bantuan (SAR) sudah mulai melakukan operasi mereka di wilayah Vanuatu pasca terjadinya Topan Pam yang melanda negeri pasifik tersebut.

Sebagaimana informasi yang beredar, bantuan sudah mulai bergerak setelah Presiden Vanuatu, berbicara dalam konferensi tentang kebencanaan yang diselenggarakan PBB di Sendai, Jepang.

Tim PBB pun dijadwakan akan berada di Vanuatu pada Minggu (15/3) waktu setempat untuk melihat serta menganalisa kerusakan yang terjadi.

Sementara itu menurut Badan PBB bidang anak-anak, UNICEF mengatakan efek dari topan tersebut dimana separuh jumlah penduduk negeri itu menjadi korban termasuk 54,000 anak-anak.

Sementara organisasi lainnya, Oxfam akan melalukan bantuan prioritas mereka pada pasokan air, sanitasi dan perlengkapan kebersihan.

Sedangkan World Vision mengatakan bahwa butuh waktu hingga berminggu-minggu untuk dapat tiba di pulau-pulau yang terpencil dinegara tersebut.

Topan Pam sendiri membawa angin dengan kecepatan tembus 300 kilomter per jam dengan menghancurkan desa, merobek atap serta memutus sambungan listrik serta pohon bertumbangan.

Negara tetangga Vanuatu, Selandia Baru pun bersiap menghadapi badai tersebut yang diperkirakan melintas sebeah utara negara itu pada Minggu atau Senin waktu setempat.

Vanuatu sendiri adalah negara disebelah timur Australia yang terdiri dari 80 pulau dengan membentuk kepuluan menyerupai abad Y dengan jumlah penduduk hampir 267,000 jiwa.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz