Minggu, 15 Maret 2015

Australia Gagal, Rusia, Korea Selatan, Tiongkok dan Jepang Peroleh Bebas Visa

JAKARTA, - Entah karena eksekusi atau ancaman yang beredar membuat pemerintah Indonesia tidak memasukkan Australia dalam kategori penerima negara bebas visa negeri ini.

Padahal negeri Kangguru ini sempat di usulkan untuk dibebaskan visanya pada akhir tahun lalu namun itu hanya sekedar wacana saja.

Pemerintah akhirnya memberikan bebas visa dengan segala fasilitas yang diberikan kepada Tiongkok, Korea Selatan, Rusia dan Jepang.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil bahwa dengan memberikan visa bagi turis dari empat negara tersebut maka sudah ada 19 negara yang diberikan fasiltas oleh Indonesia untuk masuk ke negeri ini.

“Kami memperkirakan turis asal 19 negara ini sudah meng-cover 95 persen turis yang datang ke Indonesia,”ucapnya.

Menko Sofyan juga menambahkan bahwa pihaknya akana terus melakukan studi untuk seleksi negara yang warganya bisa memperoleh aturan bebas visa ke Indonesia.

Selain itu dengan aturan bebas visa bagi turis asing salah satu dari sejumlah paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam menghadapi lemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serika.

Dengan kebijakan ini setidaknya mengurangi beban biaya dan waktu untuk mengurus visa ke Indonesia, karena dengan semakin banyak turis datang ke negeri ini pemerintah dapat mendapatkan keuntungan dollar masuk ke Indonesia melalui transaksi jual beli para turis ini.

Dengan masuknya Tiongkok, Rusia, Korea Selatan dan Jepang menambah deretan negara yang sudah lebih dulu menikmati bebas visa yang diberikan Indonesia seperti, Thailand, Singapura, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Hongkong Special Administratin Region (HongKong SAR).

Makau Special Administration Region (Makau SAR), Maroko, Peru, Vietnam, Ekuador, Kamboja, Laos, Chile dan Myanmar.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz