Senin, 16 Maret 2015

Tim Jupiter TNI AU Kembali Ke Indonesia

LANGKAWI, - Terkait dengan insiden tabrakan antar sesama pesawat membuat tim Jupiters Aerobatik TNI AU memutuskan untuk kembali ke pangkalan mereka.

Informasi yang didapat sebagaimana dilansir dari media setempat, rombongan tim yang tersisa enam pesawat ini tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Soewondo, Medan untuk mengisi bahan bakar.

Lepas dari Medan, para penerbang Jupiters ini pun melanjutkan penerbangan mereka menuju Pangkalan Udara Adi Sutjipto tempat mereka bernaung.

Dengan kembalinya para penerbang Jupiter TNI AU ini maka sudah dipastikan tidak akan melanjutkan atraksi aerobatiknya di Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) 2015 yang berlangsung di Langkawi, Malaysia.

Namun hal ini berbeda dalam beberapa waktu yang lalu dimana Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudi memastikan tim ini akan tampil dalam event tersebut.

“Mereka tetap tampil (dalam pertunjukkan), tidak ada masalah pilot-pilot tim Jupiter mempunyai semangat yang tinggi dan sangat antusias untuk mengikuti pertunjukkan acara ini,”ucap Menhan Ryamizard.

Sebagai informasi, dua pesawat aerobatic milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) mengalami tabrakan saat melakukan kegiatan gladi bersih di acara skala internasional pada siang tadi.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa karena empat pilot pesawat bermesin KT-1B Wong Bee pabrikan Korea Selatan ini keluar sebelum terjadi kecelakaan.

Rencananya gladi resik ini diadakan untuk persiapan pembukaan acara LIMA 2015 yang akan dimulai pada Selasa (17/3) hingga Sabtu (21/3). Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab terjadinya tabrakan tersebut.

Pesawat KT-1B Wong Bee yang digunakan tim aerobatic TNI AU atau yang dikenal dengan The Jupiters ini meruapakan pesawat keluaran KIA Aerospace Korea Selatan.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz