Rabu, 18 Maret 2015

Sepertiga Diplomat Rusia di Swedia Mata-mata

STOCKHOLM, - Ada kabar mengejutkan dari pusat kota Swedia dimana laporan intelijen negeri itu merilis bahwa sepertiga diplomat Rusia yang berada di kedutaan besar mereka di Stockholm adalah mata-mata.

Hal ini disampaikan Kepala Pengamat Kontraspionase Saepo, Wilhem Unge kepada jurnalis setempat dalam menyampaikan laporan keamanan tahunan.

“Di antara staf diplomatic kedutaan besar Rusia, satu pertiga di antaranya sebenarnya bukan diplomat, mereka ada petugas-petgas intelijen, jumlahnya tetap seperti itu, begitulah tahun demi tahun,”ucapnya

Menurut Unge para diplomat yang sebenarnya mata-mata Rusia dari berbagai macam institusi intelijen yang ada di negeri kremlin tersebut seperti Dinas Intelijen Luar Negeri Rusia, SVR, intelijen militer GU serta Dinas Keamanan Federal, FSB.

Unge juga mengatakan bahwa keberadaan Rusia di Swedia tersebut ditujukan untuk mengetahui teknologi mutakhir serta persiapan untuk melancarkan operasi militer terhadap Swedia.

Namun dirinya juga tidak berkomentar soal mata-mata yang diyakini bekerja pada Kedutaan Besar Amerika Serikat di Stockholm atau kantor misi asing lainnya.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz