Senin, 16 Maret 2015

Ribuan Warga Brasil Berdemo Tuntut Sang Presiden Mundur

SAO PAOLO, - Lebih sejuta orang turun ke jalan pusat kota di Brasil untuk menuntut Presiden mereka, Dilma Rousseff turun terkait anjloknya perekonomian negeri tersebut dengan naiknya harga kebutuhan pokok ditambah adanya korupsi di pemerintahan.

Sebagaimana dilansir media setempat, aksi demo yang berlangsung aman ini terjadi di beberapa kota di negeri samba tersebut.

Dalam laporan kepolisian setempat, lebih dari 10ribu orang turun ke jalan pusat kota Rio de Janiero dengan memilih pusat kegiatan di Avenida Paulista sambil meneriakkan nama presiden mereka

“Dilma turun !, Rakyat dikhianati, dipermalukan di dalam dan luar negeri,”teriak salah satu pendemo.

Turunnya warga Brasil ke seluruh jalan di negeri itu adanya sebab Partai berkuasa, Partai Pekerja yang dianggap para demonstran ini mengabaikan kritik soal pengeluar besar, kebijakan hingga korupsi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi hanya berada 4 persen dalam 10 tahun terakhir.

Selain itu dalam hal korupsi, negeri tersebut diguncang skandal Petrobras dimana puluhan politisi mengalirkan dana perusahaan tersebut kepada partai politik berkuasa untuk memenangkan pemilu Rousseff pada 2010 lalu.

Selain itu sejumlah politisi menerima suap dari perusahaan yang ingin melakukan kerjasama dengan Petrobras yang sudah dilakukan sejak tahun 1990an.

Rousseff sendiri yang juga melakukan pelecehan diplomatic kepada Duta Besar RI ini merasa tidak terlibat dalam kasus ini, namun banyak pihak mengatakan perempuan berusia 67 ini lalai dalam mengawasi pajak perusahaan minyak negara tersebut ketika menjadi pemimpin korporasi tersebut sebelum duduk menjadi presiden.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz