Senin, 16 Maret 2015

RI-Swiss Jalin Komitment dalam Kejahatan Lintas Batas

JAKARTA, - Pemerintah Inodnesia dan Federasi Swiss sepakat untuk melakukan perundingan dalam bentuk kerja sama bilateral kedua negara berupa legas assistance atau MLA pada April 2015 mendatang.

Hal ini disampaikan Menlu Retno ketika melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Konfederasi Swiss Didier Burkhalter di Gedung Pancasila, Kemlu RI

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemlu RI ini, perundingan ini akan diefisiensikan sedapat mungkin agar perjanjian MLA Indonesia-Swiss dapat ditandatangani pada tahun ini juga.

“Bagi Indonesia, Perjanjian MLA memiliki arti penting, karena akan menjadi dasar bagi aparat penegak hukum dua negara pihak untuk memberikan bantuan dalam konteks penyidikan, penuntutan, dan pelaksanaan hukuman,” tegas Menlu Retno

Menlu Retno juga mengatakan hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memberantas korupsi termasuk penelurusan aset warga Indonesia yang berada di negeri tersebut.

“Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memberantas korupsi, termasuk penelusuran aset warga Indonesia yang berada di Swiss. Di samping itu, adanya perjanjian kerja sama MLA antara Indonesia dan Swiss akan memberikan pesan pada masyarakat internasional bahwa kedua negara berkomitmen untuk memerangi kejahatan-kejahatan terorganisir antarnegara,” ucapnya

Menlu Didier yang didampingi Dubes Swiss untuk Indonesia, Yvonne Bauman mengatakan bahwa hubungan bilateral Indonesia-Swiss sudah sangat baik, namun tentunya dapat diintensifkan kembali. Menlu Didier menyampaikan keinginan Swiss untuk meneruskan kerja sama investasi yang baik dengan Indonesia.

“Indonesia dan Swiss mempunyai masa depan kerja sama yang baik.”ucap mantan Presiden Federasi Swiss ini.

Melalui Menlu Burkhalter, Menlu Indonesia mendorong agar para investor Swiss memanfaatkan peluang investasi di Indonesia, khususnya di sektor-sektor prioritas.

Sebagai informasi, saat ini Swiss berada pada peringkat ke-15 investor asing di Indonesia.  Sedangkan kebijakan kerja sama pembangunan Swiss terhadap Indonesia dituangkan dalam Indonesia Country Strategy yang meliputi berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, perikanan, dan lingkungan hidup.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz