Rabu, 18 Maret 2015

Netanyahu Menangkan Pemilu Israel

TEL AVIV, - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mempertahankan posisinya setelah memenangkan pemilu di negeri tersebut.

Sebagaimana dilansir dari sejumlah media setempat, dalam perolehan suara, partai sayap kanan Likud pimpinannya meraih 30 dari 120 kursi parlement Knesset sedangkan Uni Zionis hanya meraih 24 kursi.

Sementara exit poll sendiri menunjukkan kedua partai bertarung ketat dengan raihan 27 kursi namun berubah pada malam hari disaat penghitungan suara mulai dihitung.

Dalam pidato kemenangannya, pria kelahiran  21 October 1949 ini mengatakan hasil ini diluar perkiraan mencapai kemenangan untuk Likud.

“Di luar perkiraan kita mencapai kemenangan besar untuk Likud… demi kubu nasional.. demi rakyat kita Israel,”ucapnya.

Sementara itu pesaingnya, Pemimipin Uni Zionis, Isaac Herzong mengakui kekalahannya dan memberikan selamat kepada Netanyahu yang meraih kemenangan tiga kali berturut-turut ini.

“Beberapa menit lalu, saya telah berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Saya menyelamati beliau atas pencapaiannya dan semoga beliau berhasil,”ucapnya.

Kemenangan pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan Israel ini adalah tidak lepas dari 

menempatkan isu keamanan dalam prioritas kampanyenya dimana dirinya akan melindungi Israel dari ancaman nuklir Iran serta tidak akan memberikan jalan kepada Palestinan dalam menjadikan kawasan Yerusalem Timur sebagai ibukota negara baru itu.

Terkait dengan kemenangan Netanyahu ini membuat negara tetangga, Palestina mencoba meningkatkan kampanye diplomatic mereka terutama ke Mahkamah Kriminal Internasional di Den Haag Belanda. Hal ini disampaikan Kepala Juru Runding Palestina Saeb Erakat

“Jelas bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan membentuk pemerintahan baru, oleh karena itu kami tegas mengatakan bahwa kami akan ke Mahkamah Kriminal Internasional di Den Haag dan kami akan mempercepat, memburu dan mengintensifkan semua upaya diplomatic,”ucapnya



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz