Sabtu, 14 Maret 2015

Jepang Kucurkan Dana USD4 Miliar untuk Bantuan Risiko Bencana

SENDAI, - Ada yang menarik dalam Konferensi Dunia tentang Kebencaan atau World Conference on Disaster Risk Reduction (WCDRR) yang berlangsung di Sendai, Jepang.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengucurkan dana sekitar USD4 miliar untuk merealisasikan apa yang dihasilkan dalam konferensi ini dalam menindaklanjuti risiko bencana alam.

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi WCDRR, kepastian ini disampaikan PM Abe ketika membuka Konferensi Dunia PBB tentang Pengursangan Risiko Bencana di Sendai, Jepang

“Pengurangan risiko bencana merupakan tantangan yang paling penting bagi kedua negara maju dan berkembang. Untuk negara-negara berkembang khususnya dimana 90% dari korban terkonsentrasi,”ucapnya.

Paket kebijakan risiko bencana ini lebih fokus kepada pengembangan infrastruktur bencana, kerjasama globa dan regional serta pelatihan 40,000 pejabat pemerintahan dan pemimpin lokal dimana Jepang akan sebagai tenaga ahli.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Perancis, Laurent Fabius mengatakan dalam konferensi ini sekitar 70% bencana terkait dengan perubahan iklim yang sangat berbeda dengan kejadian serupa pada 20 tahun lalu.

Laurent Fabius yang juga Presiden COP21 mengatakan bahwa pengurangan risiko bencana dan melawan perubahan iklim sangat terkait dan perlu dipikirkan secara bersama.

Sebagai informasi, World Conference on Disaster Risk Reduction (WCDRR) yang berlangsung di Sendai, Jepang dihadiri lebih dari 186 pemerintahan yang akan mengadopsi kerangka kerja pasca-2015 untuk pengurangan risiko bencana yang akan berlangsung pada penutupan 18 Maret mendatang



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz