Senin, 02 Maret 2015

Impian XL Terhadap Masyarakat Indonesia

MATARAM, - Produsen penyedia layanan komunikasi XL Axiata memiliki impian terhadap negeri ini di tahun 2015 salah satunya adalah mencoba mendigitalkan masyarakat.

Hal ini disampaikan Deputi CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam acara Media Gathering di Mataram, NTB yang mengatakan upaya mewujudkan impian tersebut akan dicapai dengan memacu ketersediaan layanan data serta pemerataan internet kecepatan tinggi.

“XL ingin mendigitalkan masyarakat Indonesia di tahun 2015 ini, juga mengimplementasikan dan mendukung program Indonesia Broadband Plan. Kalau kita bicara mengenai data, enabler utamanya adalah network atau jaringan. Jadi 2015 kita akan selalu me-maintain dan menaikkan kapasitas juga kualitas jaringan kita,”ucapnya

Terkait dengan itu menurut Dian, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rencana menjadi tiga hal yang jadi pokok antara lain, layanan data sesuai kebutuhan pelanggan, infrastruktur yang memadai serta perluas jaringan 4G

“Tahun ini kami menyediakan capex (belanja modal) sekitar Rp7 triliun. Berbagai program telah kami siapakan yang semuanya berorientasi pada upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan sesuai yang dibutuhkan pelanggan,”ucapnya.

Layanan untuk mewujudkan impian XL sudah dijalankan antara lain, mFish yang dibuat bersama dengan pengembang piranti lunak asal AS, Tone dimana hal ini bersinergi dengan program pemerintah terutama Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

“Salah satu service yang kita berika untuk poros maritim adalah meluncurkan aplikasi mFish,”ucapnya.

Aplikasi ini sendiri berguna untuk nelayan dalam memberikan informasi mencakup kondisi cuaca, keberadaan plankton, harga ikan dan ketinggian ombak.

Selain itu juga bisa melaporkan informasi mengenaik dugaan atas pencurian ikan dan penangkapan secara illegal lewat aplikasi tersebut.

Paket mFish ini terdiri ponsel operasional Android, SIM Card prabayar XL dengan paket data 1 GB per bulan untuk koneksi internet,  serta sola charger dan juga buku panduan pengguna.

Selain itu juga XL bekerjasama dengan Pemerintah Daerah NTB dalam membangun SmartCity yang mengendalikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai solusi bagi masalah perkotaan.

Contoh penggarapan ini antara lain pembuatan laman untuk panti asuhan dan rumah yatim. Selain itu juga mencoba memanfaatkan e-commerce Elevnia miliknya untuk membantu pengembangan UKM di kota tersebut.

Selain di Lombok, pihak XL juga mengadakan kegiatan serupa di Jogjakarta pada Desember 201 lalu dengan menerapkan beberapa layanan seperti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui VPN serta e-commerce Elevenia. Selain itu juga less cash XL Tunai untuk transaski perbankan dan listrik pintar SIMPLY



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz