MATARAM, - Produsen penyedia
layanan komunikasi XL Axiata memiliki impian terhadap negeri ini di tahun 2015
salah satunya adalah mencoba mendigitalkan masyarakat.
Hal ini disampaikan Deputi
CEO XL Axiata Dian Siswarini dalam acara Media Gathering di Mataram, NTB yang
mengatakan upaya mewujudkan impian tersebut akan dicapai dengan memacu
ketersediaan layanan data serta pemerataan internet kecepatan tinggi.
“XL ingin mendigitalkan
masyarakat Indonesia di tahun 2015 ini, juga mengimplementasikan dan mendukung
program Indonesia Broadband Plan. Kalau kita bicara mengenai data, enabler
utamanya adalah network atau jaringan. Jadi 2015 kita akan selalu me-maintain
dan menaikkan kapasitas juga kualitas jaringan kita,”ucapnya
Terkait dengan itu menurut
Dian, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rencana menjadi tiga hal yang jadi
pokok antara lain, layanan data sesuai kebutuhan pelanggan, infrastruktur yang
memadai serta perluas jaringan 4G
“Tahun ini kami menyediakan
capex (belanja modal) sekitar Rp7 triliun. Berbagai program telah kami siapakan
yang semuanya berorientasi pada upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas
layanan sesuai yang dibutuhkan pelanggan,”ucapnya.
Layanan untuk mewujudkan
impian XL sudah dijalankan antara lain, mFish yang dibuat bersama dengan
pengembang piranti lunak asal AS, Tone dimana hal ini bersinergi dengan program
pemerintah terutama Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.
“Salah satu service yang
kita berika untuk poros maritim adalah meluncurkan aplikasi mFish,”ucapnya.
Aplikasi ini sendiri berguna
untuk nelayan dalam memberikan informasi mencakup kondisi cuaca, keberadaan
plankton, harga ikan dan ketinggian ombak.
Selain itu juga bisa
melaporkan informasi mengenaik dugaan atas pencurian ikan dan penangkapan
secara illegal lewat aplikasi tersebut.
Paket mFish ini terdiri
ponsel operasional Android, SIM Card prabayar XL dengan paket data 1 GB per
bulan untuk koneksi internet, serta sola
charger dan juga buku panduan pengguna.
Selain itu juga XL
bekerjasama dengan Pemerintah Daerah NTB dalam membangun SmartCity yang
mengendalikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai solusi bagi
masalah perkotaan.
Contoh penggarapan ini
antara lain pembuatan laman untuk panti asuhan dan rumah yatim. Selain itu juga
mencoba memanfaatkan e-commerce Elevnia miliknya untuk membantu pengembangan
UKM di kota tersebut.
Selain di Lombok, pihak XL
juga mengadakan kegiatan serupa di Jogjakarta pada Desember 201 lalu dengan
menerapkan beberapa layanan seperti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui
VPN serta e-commerce Elevenia. Selain itu juga less cash XL Tunai untuk
transaski perbankan dan listrik pintar SIMPLY
Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz