Minggu, 15 Maret 2015

18 ABK WNI Diselamatkan AMSA

PERTH, - Sebanyak 18 anak buah kapal warga negara Indonesia (ABK-WNI) berhasil diselamatkan oleh pihak Australia Maritime Safety Authority (AMSA) di laut Kota Dampier, Australia Barat.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Direktoraat Informasi dan Media Kemlu RI melalui email menjelaskan pada tanggal 14 Maret 2015 sekitar pukul 20.00 AEST, KJRI Perth menerima informasi dari Australia Maritime Safety Authority (AMSA) melalui KBRI Canberra bahwa sebuah kapal penangkap ikan berbendera Jepang, FV Shofuku Maru 78 mengalami kebakaran pada posisi 358 nautical mile di Barat Laut kota Dampier, Australia Barat. Terdapat 24 ABK yang bekerja pada kapal ini dan 18 orang di antaranya adalah ABK WNI.

KBRI Canberra dan KJRI Perth telah berkoordinasi dengan Pihak AMSA dan memperoleh konfirmasi bahwa seluruh ABK tersebut berhasil diselamatkan oleh kapal berbendera Yunani, MV Axios. Pada saat penyelamatan, kapal FV Shofuku Maru 78 masih dalam keadaan dilalap api.

KJRI Perth telah berhasil berbicara dengan salah satu perwakilan ABK WNI yang menyampaikan bahwa seluruh ABK WNI selamat serta berada dalam kondisi sehat. 

Selanjutnya, pihak AMSA telah berkoordinasi dengan SAR Australia untuk proses evakuasi para ABK WNI menuju pelabuhan terdekat di wilayah Australia, yakni Port Hedland, yang jaraknya sekitar 1648 km arah utara Perth. Para ABK WNI akan diberikan penginapan di Port Hedland sambil menunggu proses lebih lanjut untuk kepulangan ke Indonesia. 

Saat ini para ABK WNI tersebut sedang menuju Port Hedland, Australia Barat dan diperkirakan tiba pada pukul 21.00 waktu setempat



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz