Jumat, 13 Maret 2015

16 WNI yang Ditahan Turki Bukan Kelompok Tur

JAKARTA, - Teka-teki soal 16 warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini ditahan aparat Turki ternyata bukan bagian dari kelompok tur yang selama ini beredar di media.

Informasi yang beredar dan termuat dalam sejumlah media bahwa Kedutaan Besar RI di Ankara, Turki memberikan konfirmasi bahwa 16 WNI yang ditahan saat ingin melintas ke kawasan Suriah ternyata berbeda dengan 16 orang yang beredar di media tanah air.

Sementara itu menurut Menteri Politik, Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdjianto kepada sejumlah media pada awal bulan ini mengatakan ada beberapa WNI yang pergi ke luar negeri kemudian menghilang, hal seperti inilah yang harus diwaspadai.

“Ada beberapa orang Indonesia yang pergi ke luar negeri lalu menghilang. Ini harus diwaspadai, data dari BIN (Badan Intelijen Negara) dan Polri terkait hal itu sudah masuk,”ucap Menteri Tedjo.

Menurut Menteri Terdjo saat ini sebanyak 514 WNI sudah terkonfirmasi bergabung dengan ISIS di Irak dan Suriah karena hal itulah bisa menjadi indikasi dibalik hilangnya 16 orang di Turki.

Sebagai informasi, Wilayah Turki pada sebelah selatan berbatasan dengan Suriah dengan luas batasan 900 kilometer.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz