Kamis, 07 Mei 2015

Tarik Investor, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago Kunjungi Qatar

DOHA, - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bapak Andrinof Chaniago telah melakukan kunjungan kerja ke Doha, Qatar, tanggal 5-6 Mei 2015.

Sebagaimana informasi yang diterima dari  Sekretaris III Pensosbud / Protokoler KBRI Doha, Kuntum Khaira Ummah HG lewat email menjelaskan bahwa kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka memenuhi undangan Menlu Qatar, H.E  Dr. Khalid Mohammed Al Attiyah, guna membahas berbagai potensi kerja sama antara Indonesia dan Qatar, terutama di bidang investasi.

Dok. KBRI Doha
Pada pertemuan dengan Menlu Attiyah, (6/5) waktu setempat, bertempat di Kantor Emir Qatar (Diwan Emiri), Menteri Andrinof yang didampingi oleh Duta Besar RI untuk Qatar di Doha, Deddy Saiful Hadi, menyampaikan salam Presiden RI kepada Emir Qatar dan Menlu Qatar.

Menteri Andrinof menjelaskan bahwa misi utama kunjungan ke Qatar kali ini adalah dalam rangka meningkatkan kerja sama dengan Qatar, khususnya dalam mendukung prioritas pembangunan Indonesia di bidang ketahanan pangan, energi, pariwisata, industrial manufacture, dan kemaritiman.

Menlu Attiyah menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Andrinof dan menggarisbawahi pentingnya Indonesia bagi Qatar, tidak hanya karena kedua memiliki kedekatan agama, tapi karena begitu banyak potensi kerja sama yang perlu digarap lebih serius demi kepentingan kedua belah pihak.

Menlu Attiyah menyampaikan bahwa dirinya secara khusus mengikuti perkembangan di Indonesia dan kagum atas capaian Indonesia selama ini, baik di tataran regional maupun internasional. Menlu Attiyah secara spesifik menjelaskan bahwa Indonesia adalah mitra penting Qatar untuk mendukung proses perdamaian di Timur Tengah.

Berkenaan dengan investasi, Menlu Attiyah menjelaskan bahwa dirinya ingin melakukan kunjungan ke Indonesia guna membahas implementasi investasi Qatar di Indonesia, dan akan membawa sejumlah pengusaha dan investor Qatar ke Indonesia dalam kunjungan tersebut.

Menlu Qatar juga akan mendorong Hassad Food untuk menjalankan proyek investasi di Indonesia.

Usai melakukan pertemuan dengan Menlu Qatar, Menteri Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Perencanaan dan Statistik Qatar, H.E. Dr. Salah Bin Mohammad Al Nabit.

Menteri Salah menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerja sama yang serius dengan Indonesia dengan menginisiasi pembuatan MoU antara kedua instansi.

Disampaikan bahwa Qatar tertarik untuk belajar dari Indonesia mengenai perencanaan pembangunan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Sebelumnya, pada hari pertama kunjungan, (5/5), Menteri Andrinof melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Industri Qatar, H.E. Mohamed bin Saleh al Sada, dan Penasehat Khusus Hassad Food, sebuah BUMN terpenting di Qatar yang bergerak di bidang pertanian, pangan, dan livestock.

Pada kedua pertemuan tersebut, secara konsisten Menteri Andrinof menyampaikan prioritas pembangunan Indonesia, dan berharap adanya kerja sama investasi Indonesia-Qatar dalam bidang-bidang prioritas Indonesia dimaksud.

Dalam kunjungannya ke Qatar ini, Menteri Andrinof juga melakukan pertemuan dan dialog dengan Masyarakat Indonesia di Qatar.

Menteri Andrinof menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Duta Besar Deddy dan masyarakat Indonesia di Qatar yang telah menjaga nama baik bangsa dan ikut secara aktif berpartisipasi berkontribusi dan mendukung semua program Pemerintah.

Sebagai informasi, investasi Qatar di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik selama ini seperti hadirnya Q-Tel (sebagai pemilik saham mayoritas PT. Indosat), dan QNB Kesawan diharapkan dapat terus diperhatikan untuk kepentingan kedua negara.

Bahkan QNB pun saat ini menjadi sponsor utama dari liga professional sepakbola Indonesia yang bertajuk QNB League walau saat ini kompetisi sedang diberhentikan oleh PSSI

Selain itu, komitmen Qatar untuk berinvestasi sebesar USD 1 Milyar di Indonesia juga diharapkan dapat segera terealisasikan.




Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz