Selasa, 05 Mei 2015

Mahasiswa Indonesia Siap hadapi ASEAN Community 2015

MOSKOW, -  Kota Moskow sedang bersolek guna menyambut Peringatan 70 tahun Hari Kemenangan Rusia  yang akan diperingati pada tanggal 9 Mei 2015 di Rusia dan juga merupakan hari nasional Rusia.

Keceriaan dan kemeriahan kota Moskow yang sedang bersolek juga  di wajah-wajah optimis Mahasiswa Indonesia yang mulai berdatangan dari seluruh wilayah Rusia dan kawasan Amerika dan Eropa untuk guyub Internasional ala mahasiswa Indonesia di Moskow yang akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2015.

Informasi yang diterima dari Pensosbud KBRI Moskow melalui email menjelaskan perhelatan akbar mahasiswa Indonesia ini dinamakan “Simposium PPI Amerika-Eropa 2015”, dengan tema “Persatuan dan Kesatuan Bangsa menghadapi ASEAN Community 2015”.

Puncak acara Simposium akan berlangsung pada tanggal 6 Mei dan bertempat di MGIMO University, Moskow, yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Rusia.

Dalam Simposium PPI Amerika-Eropa 2015 diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA) serta didukung oleh  KBRI Moskow, yang direncanakan akan diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa perwakilan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) dari 20 negara di Amerika dan Eropa, yakni: Austria, Belanda, Belgia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Inggris, Italia, Jerman, Kanada, Norwegia, Perancis, Portugal, Rusia, Serbia, Spanyol, Swedia, Swiss dan Turki.

Dok KBRI Moskow

Selain itu, Simposium PPI Amerika-Eropa ini juga akan diikuti oleh perwakilan dari sejumlah  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, yang telah konfirmasi hadir dan akan mengikuti perhelatan akbar mahasiswa di Moskow

Narasumber Simposium PPI Amerika-Eropa adalah Menlu RI Retno L.P. Marsudi (melalui telekonferensi); Dubes Djauhari Oratmangun; Dubes I Gusti Ngurah Swajaya dari Kemlu; Dr. Connie Rahakundini Bakri (Executive Director Institute of Defence and Security Studies); Dr. Viktor Sumsky (Director of ASEAN Center, MGIMO University); Fadhil Hasan (Executive Director of the Indonesian Palm Oil Producers Association), Dr. Dessy Irawati-Rutten (Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional), dan Victor Tarushin (Executive Director of Russian-ASEAN Business Council).

Dalam menyambut perhelatan Simposium PPI Amerika dan Eropa yang acara puncaknya akan dilaksanakan tanggal 6 Mei, para mahasiswa Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Federasi Rusia sudah sejak 2 hari lalu telah datang hadir di kota Moskow untuk mempersiapkan diri.

Sedangkan para mahasiswa Indonesia dari wilayah Amerika dan Eropa sudah mulai berdatangan mendarat di Moskow sebelum hari-H.

Simposium PPI Amerika-Eropa ini sendiri merupakan wadah para mahasiswa Indonesia di kawasan Amerika dan Eropa berdiskusi dan bertukar ide mengenai langkah dan upaya yang perlu dilakukan generasi muda dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya guna mengantisipasi tantangan dan peluang Komunitas ASEAN 2015 nanti.

Hal ini disampaikan Handaru Lukiza Ketua Panitia symposium mengatakan bahwa masing-masing komisi akan menyampaikan hasil sidangnya dan selanjutnya dalam rapat pleno akan disampaikan kesepakatan yang ditanda tangani seluruh Ketua / Perwakilan PPI negara Amerika-Eropa.

“Seusai simposium, masing-masing komisi akan menyampaikan hasil sidangnya dan selanjutnya dalam rapat pleno akan disampaikan kesepakatan yang ditandatangani seluruh Ketua/Perwakilan PPI negara Amerika-Eropa yang hadir, yang dinamakan ‘Piagam Moskow’ sebagai rekomendasi kepada pemerintah,” ujar Handaru Lukiza, ketua panitia simposium yang juga mahasiswa S1 fakultas Ilmu Politik tahun ketiga Universitas RUDN.

Di sela-sela kegiatan simposium, para mahasiswa dari PERMIRA juga direncanakan akan menampilkan sejumlah pertunjukkaan kesenian dan budaya di aula MGIMO University.

Terkait dengan acara ini, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Indonesia untuk Federasi Moskow, Djauhari Oratmangun mengatakan bahwa pihaknya dan KBRI mendukung sepenuhnya dan mendorong inisiatif kegiatan kemahasiswaan yang kreatif dan produktif.

"Tentunya  kami sebagai Duta Besar Indonesia dan KBRI Moskow mendukung sepenuhnya dan mendorong inisiatif kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang kreatif dan produktif seperti ini, jayalah PERMIRA, hidup Mahasiswa Indonesia Kawasan Eropa dan Amerika, selamat bersimposium" ujar Duta Besar Djauhari Oratmangun




Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz