Senin, 04 Mei 2015

Soal Bali Nine, Polisi Federal Australia Tolak Minta Maaf

CANBERRA, - Kepolisian Federal Australia (AFP) menolak meminta maaf atas kebijakan mereka yang membagi informasi kepada kolega mereka di Indonesia soal Bali Nine.

Hal ini disampaikan Komisioner AFP Andrew Colvin dalam jumpa pers dimana pihaknya telah mengubah pedoman kerja terkait berbagi informasi dengan negara lain.

Sebagaimana dilansir dari media setempat mengatakan jumpa pers ini dilakukan terkait banyaknya informasi yang mengatakan bahwa AFP berperan dalam eksekusi mati Bali Nine.

Dirinya mengatakan bahwa kejadian tersebut, AFP tidak memiliki cukup bukti untuk menangkap anggota sindikat ini sebelum meninggalkan Australia.

“Saat itu kami bekerja berdasar gambar yang belum lengkap. Kami belum tahu semua orang yang terlibat, semua rencana mereka, bahkan jenis narkoba pun kami belum tahu. Saat itulah kami meminta kerja sama dengan Polri. Secara operasional kami anggap sangat layak dan sejalan dengan pedoman kerja kami saat itu,”ucapnya

Soal kenapa tidak langsung ditangkap di Australia, Komisioner Colvin mengatakan pihaknya tidak bisa melakukan itu sama halnya pihaknya mendikte kepolisian Indonesia dalam menangani kejahatan di negaranya.

“Atas pertanyaan mengapa mereka tidak dibiarkan kembali ke Australia, kami tidak bisa mendikte pihak berwajib Indonesia bagaimana mereka menangani kejahatan serius di negaranya, sama juga anda tidak akan berharap kepolisian Indonesia akan mendikte AFP bagaimana kami menangani kejahatan serius di Australia,”ucapnya.

Dirinya juga tidak bisa menjamin bahwa scenario kejadian seperti Bali Nine tidak akan terjadi pada masa mendatang



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/CatatanLorcasz