Jumat, 08 Mei 2015

BBC Nepali Luncurkan Saluran Viber Public Chat untuk Gempa

KATHAMANDU, - Kantor Berita Internasional asal Inggris, BBC Nepali memberikan pelayanan publik dan informasi darurat di Nepal dan Inggris melalui saluran instant messaging dan panggilan Viber.

Sebagaimana diinformasikan Adisti Daramutia, Media Contact Viber Media Indonesia melalui email menjelaskan layanan yang diproduksi oleh BBC Nepali dan bekerjasama dengan badan pengembangan amal BBC internasional, BBC Media dan BBC Monitoring ini ditujukan untuk mereka yang terkena dampak gempa bumi di wilayah tersebut maupun tempat lainnya.

Akun Viber BBC Nepali di viber.com/bbcnepali pada fitur ‘public chat’nya akan membantu memaksimalkan jangkauan informasi penting pasca gempa yang telah menyebabkan ribuan korban jiwa dan terluka juga mengungsi.

Saluran ini menawarkan update harian dalam bentuk teks dan gambar, dengan pelayanan informasi tentang situasi terkini di negara tersebut. Termasuk juga rincian upaya bantuan, layanan penyelamatan, dan informasi keselamatan.

Terkait dengan aplikasi ini menurut BBC World Service Controller of Languages, Lilian Landor, mengatakan pihaknya telah memimpin secara global penggunaan inovasi aplikasi chat setahun belakangan ini seperti saat Ebola di Afrika.

“BBC World Service telah memimpin secara global penggunaan inovasi aplikasi chat setahun belakangan ini. Kami telah dan masih terus menjalani sukses dalam layanan WhatsApp Ebola bagi orang-orang di Afrika Barat, dan kami memberdayakan banyak ahli serta pengalaman dari proyek tersebut untuk meluncurkan inisiatif terbaru ini pada Viber. Penting bagi kami untuk melakukan segala hal yang kami bisa, melalui semua platform yang kami miliki, untuk menyelamatkan nyawa dan berbagi informasi penting untuk semua yang terkena dampak gempa bumi. Kerjasama kami dengan Viber akan memungkinkan kita untuk menggapai para korban langsung melalui ponsel mereka.”ucapnya

Cara mengakses BBC Nepali Public Chat pada Viber App yaitu pertama mengunduh aplikasi di App Store pada ponsel pintar

Kemudian, Viber akan meminta Anda untuk memberikan nomor ponsel yang anda butuhkan untuk mendaftar

Setelah anda telah terdaftar di Viber, klik ikon ‘Public’ untuk akses Viber Public Chats, kemudian sentuh lambang kaca pembesar dan cari BBC Nepali Public Chat.

Setelah sentuh Follow. anda bisa melihat seluruh chat yang ada kapan pun tinggal klik ikon ‘Public’

Selain itu, dalam upaya menanggapi pasca gempa di Nepal, BBC World Service menyiarkan berita dan menambahkan program ‘lifeline’ pada FM dan gelombang pendeknya dalam bahasa Nepal (11995, 15510, 9650, dan 5895 kHz) dan dalam bahasa Inggris (5895 dan 9540 kHz). BBC Media Action bekerja sama dengan BBC Nepali dan radio lokal untuk menyiarkan program khusus ‘lifeline’ milik BBC.

Program radio BBC Nepali tersedia untuk didengarkan melalui situs bbcnepali.com, BBC 103 FM di Kathmandu (yang juga ditayangkan BBC World Service global program berbahasa Inggris) dan melalui lebih dari 260 stasiun radio FM di seluruh negeri. Laman Facebook BBC Nepali memiliki 1,7 juta likes.

BBC Nepali sendiri adalah bagian dari BBC World Service.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz