Sabtu, 02 Mei 2015

Kronologi Penangkapan Versi Novel

JAKARTA, - Setelah lebih dari 24 jam bungkam, akhirnya penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akhirnya angkat suara atas apa yang terjadi terhadap dirinya.

Ketika jumpa pers, Penyidik Novel mengatakan bahwa sekitar pukul 00.00 WIB aparat dari Bareskrim didampingi ketua RT kediamannya bertamu ke rumahnya.

“Sekitar pukul 00.00 WIB datang penyidik Bareskrim didampingi ketua RT Pak Wisnu, sebagaimana orang bertamu pencet bel,”ucapnya

Ketika bel rumahnya berbunyi, Novel pun beranjak dari tidurnya kemudian membuka pintu sembari mempersilahkan para tamunya untuk duduk dan membicarakan maksud kedatangannya.

“Untuk kepentingan penyidikan penyidik Polri melakukan penangkapan dan sebagai penyidik KPK saya memahami proses itu,”ucapnya.

Soal di Bareskrim, Novel mengaku sempat diperiksa namun karena tiadanya kuasa hukum dirinya menolak.

“Saya sempat diperiksa di Bareskrim tapi tidak ada kuasa hukum. Saya menolak karena tidak didampingi kuasa hukum,”ucapnya.

Dirinya juga menolak untuk ditahan oleh aparat ke Rutan Mako Brimob Kelapa Dua karena tidak adanya urgensi dalam pemindahan dari sepupu Anies Baswedan ini.

Setelah menolak ditahan, tiba-tiba menurut Novel penyidik Polri membawa dirinya ke Bengkulu untuk menjalani rekonstruksi, dirinya pun meminta didampingi pengacaranya namun tidak dipenuhi.
“Saya memahami tapi saya minta agar ada penasehat hukum yang dihubungi. Rekonstruksi seharusnya didampingi penasehat hukum supaya lebih tepat tapi permintaan tidak dipenuhi. Baru besoknya penasehat datang,”ucapnya.

Pengacara Novel, Muji Kartika Rahayu pun mengamini apa yang dikatakan Novel dimana pada Sabtu (2/5) pagi dirinya menjelaskan kliennya tidak mengikuti proses rekonstruksi namun kepolisian tetap menggelar acara tersebut dengan imajiner yang tidak berdasar pada Berita Acara Pemeriksaan dan tidak substansial.

Akhirnya Novel pun diterbangkan ke Jakarta dengan pesawat khusus dan tiba di Bandara Pondok Cabe, Tangerang pada Sabtu (2/5) sekitar pukul 16.00 WIB.


Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz