Senin, 04 Mei 2015

Indonesia Dimata Diplomat AS

JAKARTA, - Indonesia banyak dipuja-puji oleh sejumlah negara ternyata mendapatkan tempat tersendiri bagi para diplomat yang bertugas di negeri ini.

Salah satunya adalah Stanley Harsha, mantan diplomat Amerika Serikat (AS) yang 12 tahun berkarir di Indonesia dalam sebuah buku yang ditulisnya.

Buku yang ditulisnya berjudul Seperti Bulan dan Matahari, Indonesia dalam Catatan Seorang Diplomat Amerika menggambarkan tentang kehidupan Indonesia dari segi agama, budaya dan politik.

“Saya tulis buku ini supaya orang Indonesia bisa melihat bagaimana diplomat memandang Indonesia dan bagaimana Amerika Serikat melihat Indonesia sebagai negara yang penuh toleransi,”ucapnya.

Buku dengan gambar sampul pasangan pengantin busana Jawa ini bercerita tentang perjalanan dirinya selama 28 tahun menetap dan menikah dengan seorang wanita Indonesia sejak 1987 silam.

Dalam buku setebal 254 halaman ini Harsha bercerita bagaimana perbandingan budaya masyarakat Indonesia dan Amerika dalam sebuah issue termasuk merebaknya demonstrasi anti Amerika Serikat pasca serangan ke Afganistan

Selain itu juga bagaimana Harsha mendapatkan etika dan adat Jawa dari mertuanya dalam kesehariannya.

Buku ini pun dicetak dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris dengan tujuan agar semua masyarakat dunia bisa membaca dan memahaminya.

“Sengaja saya tulis dua bahasa karena tujuan saya supaya orang Amerika tahu tentang Indonesia, satu pesan buku ini adalah bagaimana budaya dan adat Indonesia sangat mendalam dan penting untuk dipelajari.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz