Senin, 04 Mei 2015

Akhirnya Dubes Australia Pulang Kampung

JAKARTA, - Australia ternyata tetap pada pendiriannya dimana jika warganya dieksekusi maka pihaknya akan menarik pulang sang Dubes dan itu terbukti.

Sebagaimana dilansir oleh media setempat yang menurunkan photo dimana Dubes Australia untuk Indonesia yang baru beberapa bulan menyerahkan kredensial kepada Presiden Jokowi sedang berada di Bandara.

Kepulangan ini sesuai dengan ucapan bernada ancaman yang dilontarkan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop yang akan menarik duta besarnya di Jakarta dan Indonesia akan mendapatkan konsekuensi dari pelaksanaan eksekusi tersebut.

Bahkan ucapan Menlu ini pun mendapatkan dukungan dari sang atasan Perdana Menteri Tony Abbott.

Namun sebagai manusia pada umumnya, kedua pemimpin ini pun luluh juga dengan sikap Indonesia dimana ketika Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema yang menyampaikan belasungkawa kepada keluarga terpidana mati Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Dengan sikap Dubes RI membuat Abbott menyatakan Australia harus menghormati kedaulatan Indonesia walau eksekusi tersebut meninggalkan luka dan amarah warganya.

“Kita harus menghormati kedaulatan Indonesia, kemarahan dan dukacita kita tak bisa mengembalikan mereka (Myuran Sukumaran dan Andrew Chan),”ucapnya.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com
Twitter.com/catatanLorcasz