Sabtu, 09 Mei 2015

Norwegia Kehilangan Diplomat Terbaiknya

ISLAMABAD, - Kementerian Luar Negeri Kerajaan Norwegia (Regjeringen) kehilangan diplomat senior terbaik yang dipunya lembaga ini akibat kecelakaan helikopter di kawasan Gilgit-Baltistan, Pakistan pada Jumat (8/5) waktu setempat.

Adalah Duta Besar Kerajaan Norwegia untuk Republik Islam Pakistan, Leif Holger Larsen tewas bersama koleganya dari Filipina, Domingo Lucenario Jr serta dua FirstLady Dubes RI, Heri Listyawati Burhan Muhamaad dan Malaysia, Habibah Mahmud.

Sebagaimana dilansir dari media Norwegia, begitu mendapatkan kabar duka, bendera Norwegia pun dikibarkan setengah tiang untuk menghormati sang Dubes.

Menteri Luar Negeri Norwegia, Børge Brende pun memberikan pernyataan bahwa Dubes kelahiran 27 Januari 1954 ini adalah rekan terbaik dan berpengalaman.

“Dia adalah salah satu rekan terbaik dan paling berpengalaman,”ucap Menlu ketika menggelar konferensi pers.

Kesedihan juga melanda Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg yang mengatakan bahwa ini sangat menyedihkan bahwa negara ini kehilangan diplomat yang sangat dihormati dan berbakat.

“Ini sangat menyedihkan, Kami telah kehilangan seorang diplomat dihormati dan berbakat tapi pikiran kita pertama kepada keluarganya yang telah kehilangan seseorang terlalu dini,”ucap PM Solberg.

Dalam data dirinya sebagaimana dilansir dari laman resmi kedutaan Norway di Islamabad, Dubes Larsen lulusan Master of Political Science dari Universitas Bergen pada 1984.

Karir diplomatiknya dimulai ketika masuk Regjeringen setelah lulus pada 1984 sebagai staff di direktorat Asia-Oceania yang kemudian menjadi trainee di Kemlu.

Penempatan perdana di luar negeri adalah pada Agustus 1986 di Kedutaan Norwegia untuk Saudi berkedudukan di Riyadh selama dua tahun.

Kemudian pada tahun 1988 bertugas di Kedutaan Norwegia untuk Iceland di Reykjavik hingga Juli 1990.

Mulai Agustus 1990 hingga 2005 banyak dihabiskan pada lingkungan Pakta Pertahanan Utara (NATO) serta kebijakan keamanan antara lain sebagai delegasi Norwegia untuk NATO di Brussels, Belgia.

Kemudian Kepala Divisi Politik NATO, Kemlu Norwegia di tahun 1995 hingga 1997, Senior Advisor, OSCE Chairmanship Unit, Kemlu Norwegia (1998-99).

Assistant Director General, Section for Security Policy, Kemlu (2000-01), Minister Councellor, Delegasi Norwegia untuk NATO, di Brussels, Belgium (2001-2005).

Kemudian beralih menjadi Deputy Director General, Head of Section for Security Policy and USA/Canada, Kemlu pada 2005 hingga 2006.

Di bidang akademisi pun Dubes Larsen pun menjabat Member of Directing Staff, Royal Norwegian Defense University College, Oslo dari tahun 2009 hingga 2011.

Pria yang selamat dari serangan teroris Taliban di Hotel Serena, Kabul pada tahun 2008 ini menjabat sebagai Special representative for Afghanistan and Pakistan, Kemlu Norwegia.

Dan pada September 2014 lalu, dirinya menduduki posisi sebagai Dutabesar Kerajaan Norwegia untuk Republik Islam Pakistan.

Pakistan dalam sosok Dubes Norwegia ini adalah negara yang hangat, ramah, pekerja keras dan ingin membuat perbedaan walau dimata bangsa Barat, sebagai negara yang keras.



Kontak Blog > ervanca@gmail.com

Twitter.com/CatatanLorcasz