Kamis, 06 November 2014

Uni Eropa Gelar Pameran Pendidikan Tinggi


JAKARTA -  Kantor Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, Timor Leste dan ASEAN akan menggelar pameran pendidikan tingkat internasional di tiga kota besar Indonesia.

Pameran yang bertanjuk European Higher Education Fair (EHEF) 2014 akan diadakan di tiga kota besar Indonesia, Jakarta, Surabaya dan Makassar.

Pameran yang sudah berlangsung enam kali ini berkat kerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dengan dibuka di Balai Kartini Jakarta pada 8-9 November 2014 mendatang.

Setelah Jakarta, giliran Surabaya yang menjadi tuan rumah acara serupa bertempat di Grand City Ball Room Surabaya pada 11 November 2014.

Dan Makassar menjadi penutup kegiatan ini pada 13 November 2014 yang bertempat di Universitas Hassanudin.

Terkait dengan acara ini, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Olog Skoog mengatakan pihaknya terus mendukung pendidikan berkualitas terutama di negeri ini.

Dok: @Lorcasz

“Kami ingin memberi kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk aktif meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya,”ucapnya.

Diplomat asal Swedia ini mengatakan bahwa pendidikan merupakan cara efektif mendekatkan warga negaranya serta Indonesia.

“Pendidikan dapat meningkatkan saling pengertian antar warga, Uni Eropa terus mendukung pendidikan yang berkualitas,”ucapnya.

Terkait dengan pendidikan Eropa, suami dari Dubes Swedia untuk Indonesia ini mengatakan bahwa biaya kuliah di benua biru tersebut tidak mahal atau bahkan tidak dikenakan biaya.

Bahkan pihaknya dan negara anggota menawarkan beasiswa dalam setiap tahun ada sekitar 1,800 beasiswa diberikan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar di Eropa.

Sebagai informasi, pada tahun 2013 berdasarkan data dari Uni Eropa setidaknya jumlah mahasiswa Indonesia yang belajar di Eropa naik 20 persen dari tahun sebelumnya.


Untuk tahun 2014 setidaknya ada 4000 mahasiswa Indonesia menempuh pendidikan di Indonesia dan secara total ada 7,000 pelajar yang belajar di Eropa dengan strata pendidikan berbeda dari sarjana hingga pasca sarjana.