Jumat, 21 November 2014

Cerita Indonesia dalam Sebuah Buku Berbahasa Rusia

MOSKOW, - Ada yang menarik dari kegiatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus Djauhari Oratmangun menerima  sebuah buku tentang Indonesia yang ditulis dalam bahasa setempat.

Sebagaimana informasi yang didapat dari KBRI Moskow melalui email mengatakan bertempat di KBRI, Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun, telah menerima Dr. Alexey Drugov, yang memberikan buku terbarunya dalam bahasa Rusia, berjudul ‘Agama, Kekuasaan, dan Masyarakat di Indonesia Modern’.

Rilis buku Drugov sendiri diterbitkan pada tahun 2014 di Moskow tersebut, berisi 5 bab, dan 328 halaman. Buku tersebut ditulis oleh Drugov selama 2 tahun.



Dubes Djauhari menyambut baik dan apresiasi dengan ditulis buku tersebut  walau buku tersebut bukan yang pertama ditulis Alexey Drugov adalah yang kedelapan.

“Saya mengharga ada orang Rusia menulis buku dan memperhatikan tentang Indonesia, dalam buku tersebut perkembangan politik dalam masyarakat Indonesia modern diulas dari kacamata Rusia,”ucapnya.

Alexey Drugov, pria berusia 78 tahun bahwa dirinya pernah tinggal di Indonesia pada tahun 1962-1964. Selama di Indonesia, dirinya pernah bertemu dengan Presiden RI pertama, Soekarno

Drugov merupakan peneliti Senior di Russian Academy of Sciences, Institute of Oriental Studies.

Dalam bukunya, Drugov menceritakan proses dan perkembangan politik di Indonesia setelah tahun 1998 ketika terjadinya reformasi dan dimulainya era keterbukaan di Indonesia.

Selain itu Drugov juga menceritakan dalam bukunya, antara lain, mengenai konflik horizontal di Indonesia, yang bukan disebabkan oleh isu agama namun terdapat alasan perbedaan sosial, dan kesenjangan sosial di Indonesia.


Kecintaannya terhadap Indonesia diungkapkan melalui buku-buku yang ditulisnya, yang semuanya menceritakan tentang Indonesia.   


Photo by KBRI Moskow
Kontak admin blog ini > ervanca@gmail.com