Jumat, 28 November 2014

Bom Meledak Ketika Salat Jumat Berlangsung

KANO,  – Sebuah bom meledak dan suara tembakan menyalak ketika sekumpulan jamaah di Masjid Kota terbesar Nigera Utara, Kano sedang berlangsung.

Sebagaimana dilansir dari media setempat, menurut saksi mata, serangan ini dilancarkan kelompok militant Islam paling berpengaruh negara tersebut, Boko Haram.

“Orang-orang ini membom masjid, saya melihat dengan mata kepala saya sendiri orang-orang berteriak,”ucap saksi mata.

Masjid ini terletak tidak jauh dari Istana Emir Kano, sebuah gedung yang menjadi saksi kejayaan Islam di kota tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Kepolisian Kano hingga berita ini diturunkan menolak memberi keterangan, selain itu hingga saat ini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas insiden ini namun banyak spekulasi bahwa dari kelompok Boko Haram.

Sebagai informasi, selama lima tahun terakhir tercatat kelompok ini berkampanye untuk menghidupkan pemerintah Islam di bawah hukum syariat.

Cara berkampanye mereka pun dibilang mengerikan dengan cara membunuh ribuan orang dengan serangan senjata serta bom di beberapa gereja, sekolah, pusat militer, kantor polisi serta gedung pemerintah bahkan masjid pun dijadikan target serangan jika pusat ibadah itu berbeda pemahaman dengan kelompok ini.


Boko Haram sendiri menganggap pemerintah tradisional Islam di Nigeria tidak dihargai karena dilihat merusak dan golongan atas melayani diri sendiri yang mirip dengan pemerintahan sekuler.



Kontak this admin blog > ervanca@gmail.com