Jumat, 28 November 2014

Paus Fransiskus Audiensi dengan Presiden Turki

ISTANBUL, – Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Turki pada Jumat (28/11) dalam rangka perkuat hubungan antar pemimpin Muslim.

Sebagaimana dilansir media setempat. Para pejabat negara tersebut mengatakan pembicaraan soal toleransi agama serta usaha memerangi ekstremisme akan menjadi agenda utama di Ankara ketika pemimpin umat Katolik tersebut beraudiensi dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan dan Memeh Gomez, ulama terkemuka di negara tersebut.

Selain bertemu dengan ulama terkemuka, pemimpin 1,2 miliar umat Katolik Roma dunia itu akan bertemu dengan pemimpin spiritual 300 juta umat Kristen Ortodoks di seluruh dunia untuk menjalin hubungan lebih erat antara umat Kristen di Barat dan Timur.

Mereka akan mengeluarkan seruan bersama tentang hak asasi manusia dan kebebasan beragama serta pada mengatasi ketakutan bahwa Kristen akan menghilang dari tempat kelahirannya di Timur Tengah.

Perjalanan ke Turki yang dilakukan Paus Fransiskus adalah ketiga kalinya ke negara bermayoritas Muslim setelah Albania dan Yordania.

Selama berada di kawasan negara sekuler bermayoritas penduduknya Muslim tersebut, Paus akan berdoa di dalam Aya Sofia, Istanbul, salah satu katedral terbesar Kristen selama 900 tahun dijadikan Masjid umat Islam untuk 500 tahun berikutnya dan sekarang dijadikan museum.