Minggu, 09 November 2014

Presiden RI Lakukan Pembicaraan dengan Petinggi Tiongkok

Dok. Kemlu RI
BEIJING – Dalam kunjungan perdananya ke Republik Rakyat Tiongkok mengikuti kegiatan APEC, Presiden RI Joko Widodo melakukan pembicaraan bilateral dengan tuan rumah.

Sebagaimana informasi yang diterima melalui email mengatakan Presiden RI Joko Widodo telah melakukan pembicaraan bilateral dengan tuan rumah KTT APEC  2014 Presiden RRT Xi Jinping.

Dalam pembicaran tersebut, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama di berbagai bidang sesuai dengan semangat kemitraan strategis dan komprehensif yang mendasari hubungan bilateral kedua negara.

Presiden RI antara lain menggarisbawahi peluang-peluang kerjasama pembangunan infrastruktur di Indonesia dan sekaligus menyampaikan rencana Indonesia untuk bergabung sebagai anggota Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) dalam waktu dekat.

Kedua pemimpin juga menyoroti agenda maritim RI dan gagasan jalur sutra maritim RRT sebagai fokus baru kerjasama saling menguntungkan kedua negara.

Dok. Kemlu RI

Disamping itu juga dibahas peningkatan kerjasama di bidang  keamanan dan penegakan hukum, termasuk anti korupsi dan anti terorisme; dan kerjasama budaya dan antar masyarakat, termasuk rencana pembentukan pusat budaya dan kerjasama sister city antar kota/propinsi di kedua negara.

Pada kesempatan tersebut Presiden RI telah mengundang Presiden Xi Jinping ke Indonesia tahun depan 2015 untuk memperingati 60 tahun Konperensi Asia Afrika. Tahun 2015 juga menandai 65 tahun hubungan dipomatik RI-RRT.

Dok. Kemlu RI
Selain bertemu dengan Presiden RRT, Presiden Joko Widodo juga telah mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri RRT Li Keqiang.


Kedua pemimpin antara lain menyepakati perlunya forum dialog ekonomi yang reguler di tingkat Menko Perekonomian RI dan Wakil PM RRT, untuk mendorong kerjasama nyata yang saling menguntungkan di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan pembangunan. 

Presiden RI tekankan rencana Indonesia untuk tingkatkan ekspor barang-barang setengah jadi dan jadi.