Jumat, 21 November 2014

PSF Kembangkan Perjalanan Pendidikan Melalui STEM

JAKARTA, - Putera Sampoerna Foundation kembali mengembangkan inovasinya dalam hal pendidikan untuk negeri ini.

Pengembangan inovasi tersebut adalah Sampoerna School System yang merupakan perjalanan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada generasi muda Indonesia mengenyam pendidikan berkualitas dan berstandar internasional dengan harga terjangkau.

Sebagaimana informasi yang diterima melalui email mengatakan bahwa Sampoerna School System menawarkan pendidikan dengan kurikulum berkelas internasional dengan focus pendidikan berbasis Science, Technology, Engineering dan Math (STEM) untuk membentuk dan memperkuat karakter siswa yang tangguh dalam memecahkan masalah dengan mengasah pemikiran kritis, keuletan dan ketekunan

Hal ini disampaikan Managing Director Putera Sampoerna Foundation, Nenny Soemawinata bahwa dengan sistemp ini dapat membentuk sumber daya manusia yang mampu bernalar serta berpikir kritis, logis dan sistematis.

“ Pendidikan berbasis STEM membentuk sumber daya manusia yang mampu bernalar dan berpikir logis dan sistematis sehingga mereka nantinya mampu menghadapi tantangan global serta  mampu meningkatkan perekonomian negara,”ucapnya.

Menurut Neny, pendidikan STEM ini mengasah kemampuan generasi muda Indonesia untuk memahami isu yang lebih komplek sehingga dapat mencari solusi yang kreatif. Kemampuan menyelesaikan masalah dan ketrampilan kreatif sangat dibutuhkan oleh perusahaan guna meningkatkan produktivitas.

“Keberhasilan Indonesia di masa sekarang dan mendatang bergabung pada keahilan dan kemampuan generasi penerus bangsa terutama di bidang STEM. Dengan pendidikan berbasis STEM yang kuat, Indonesia memiliki amunisi yang kreatif untuk menghadapi berbagai tantangan di bidang infrastruktur, energy, keamanan nasional serta kesehatan lingkungan,”ucapnya.

Neny juga mengatakan bahwa pihaknya percaya pendidikan berbasis STEM yang diterapkan melalui Sampoerna School System dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia dengan menyosong MEA 2015.

“Putera Sampoerna Foundation percaya bahwa pendidikan berbasis STEM yang diterapkan melalui Sampoerna School System dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia mempersiapkan meraka dalam menyongsong MEA 2015 dan mewujudkan proyeksi Indonesia sebagai negara perekonomian terbesar ke-7 di dunia pada tahun 2030,”ucapnya.

Menurut data yang dirilis oleh National Science Foundation, dalam 10 tahun ke depan 80% lapangan pekerjaan akan membutuhkan kemampuan kompetensi STEM yang memadai.

Bahkan, Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat melansir dalam empat tahun ke depan (tahun 2018), hampir 30 pekerjaan yang berkembang pesat akan memerlukan tenaga kerja dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai di bidang STEM

Indonesia sendiri, mengalami kelangkaan insinyur saat ini,berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum, Indonesia baru bisa memproduksi 42.000 dari 175.000 insinyur per tahun. Di sisi lain, Tiongkok dan India sudah dapat menghasilkan masing-masing 764.000 dan 498.000 insinyur per tahun.

Berkenaan dengan pasar bebas ASEAN 2015, bisa jadi Indonesia terpaksa harus mengandalkan insinyur asing jika belum bisa memenuhi kebutuhannya. Akibat ketimpangan tersebut, pekerja asing akan banyak menduduki posisi strategis di beberapa perusahaan dalam negeri.

Pendidikan STEM mengasah kemampuan generasi muda Indonesia untuk memahami isu yang lebih kompleks sehingga dapat mencari solusi yang kreatif. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan keterampilan kreatif sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan guna meningkatkan produktivitas.

Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah Institusi Bisnis Sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi mencetak calon-calon pemimpin masa depan dan wirausahawan Indonesia handal yang diharapkan mampu  menghadapi tantangan global serta dapat memberikan kontribusi dan membawa perubahan positif di komunitas sekitarnya.

Putera Sampoerna Foundation percaya bahwa visinya dapat tercapai melalui pendidikan yang berkualitas bagi siswa Indonesia, penciptaan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, pencerahan masyarakat umum melalui pemberdayaan perempuan, serta pelaksanaan program bantuan kemanusiaan.

Untuk menjaga keberlanjutan bisnis sosialnya, Putera Sampoerna Foundation berperan sebagai CSR operator yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 korporasi, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR) mereka.

Putera Sampoerna Foundation memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008 yakni sertifikat sistem manajemen kualitas bertaraf internasional. Secara berkala, Putera Sampoerna Foundation mengikuti audit yang dilakukan oleh pihak auditor internasional independen dan laporannya diterbitkan di buku laporan tahunan yang dapat diakses oleh umum di website Putera Sampoerna Foundation. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi: www.sampoernafoundation.org



Kontak admin blog ini > ervanca@gmail.com