Kamis, 11 April 2013

Indonesia dan Australia Gelar Forum 2+2



Terkait maraknya penyeludupan manusia serta kontra terror membuat Indonesia dan Australia menggelar dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan dari kedua negara.

Australia yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Bob Carr dan Menhan Stephen Smith sedangkan dari Indonesia adalah Menlu Marty Natalegawa dan Menhan Purnomo Yusgiantoro berlangsung di Gedung Pancasila, Komplek Kemenlu, Pejambon, Jakarta.

Dalam forum ini, Australia menginginkan adanya peran Indonesia dalam menangani kedua permasalahan tersebut karena Australia menganggap Indonesia adalah mitra pentingnya.

Hal ini disampaikan saat melakukan jumpa pers bersama di Gedung Nusantara, Jakarta, (3/4),  keempatnya menegaskan berbagai kesepakatan bilateral kedua negara.

Persoalan lain yang dibahas adalah masalah perbatasan laut. Kerjasama dan koordinasi yang solid dari kedua belah pihak seperti patroli keamanan bersama. Isu kerjasama pertahanan yang mencakup kegiatan pertemuan tahunan Indonesia-Australia Defence Strategic Dialog (IADSD).