Senin, 22 April 2013

Fakta Menarik dari Akun @SBYudhoyono



Akhirnya Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ikut melek IT dengan memperkenalkan akun twitternya dengan nama @SBYudhoyono dengan meluncurkannya secara terbuka di hadapan para jurnalis di Istana Cipanas Sabtu (13/4)

Sepanjang pengamatan w sejak akun ini mulai berkicau hingga berita ini dimuat ada beberapa fakta menarik, Pertama, sejak ditampilkan pertama kali akun ini, nampak SBY terlihat gagah dengan balutan pakaian formal kenegaraan, lengkap dengan peci dan bintang tanda jasa.


Namun entah kenapa tiba-tiba akun @SBYudhoyono mengganti foto profil itu, sehingga terlihat wajah presiden dengan pakaian yang lebih santai itu dilakukan sebelum kicauan pertama keluar dan dipublikasikan kepada masyarakat.


Kedua, dalam tampilan kepala (header) dan bio pengguna twitter, akun @SBYudhoyono ketika pertama kali tidak muncul apa-apa termasuk foto namun sore beberapa jam sebelum kicauan pertama beredar muncul foto SBY yang sedang menyalami rakyatnya, PedomanNEWS melihat tampilan gambar ini terlihat sangat mirip dengan header yang digunakan akun Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, yaitu @BarackObama. Sehingga banyak mengatakan header dua presiden ini serupa.

Dalam bio yang digunakan adalah: "The official twitter account of Susilo Bambang Yudhoyono, the President of the Republic of Indonesia". Bio juga dilengkapi dengan lokasi "Jakarta, Indonesia", dan tautan ke "presidenri.go.id".

Namun bio itu berganti menjadi: "Akun Resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dikelola oleh Staf Khusus Presiden Republik Indonesia. Twit dari Presiden ditandai *SBY*". Selain itu, terlihat pula tautan ke laman kepresidenan, presidenri.go.id.


Keempat,  dalam sehari sebelum resmi berkicau, akun @SBYudhoyono sudah menjaring sekitar lebih dari 450 ribu pengikut (follower) dan mengikuti sembilan akun. kesembilan akun yang diikuti oleh pak beye ini adalah Wapres Boediono, kedua anak dan kedua menantunya, akun @Istana Rakyat, serta tiga akun wartawan yaitu @egirivki (Detik), @diponaga (Beritasatu),  @adibpranowo (MNC TV) yang bertugas di Istana dan dipilih berdasarkan undian.

Kelima, banyak masyarakat memperkirakan kicauan apa yang dikicaukan oleh SBY dalam akunnya, bahkan sampai dibuat kompetisi yang dilakukan oleh penggiat anti korupsi Fadjroel Rachman dalam akunnya.

Namun kicauan pertama SBY dalam twitternya hanya menyapa kepada pengguna dan pengikutnya tentang alasan dirinya memiliki mikroblogging 140karakter ini dan sapaan ini di-retweet sebanyak 27,020 kali dan difavoritkan sebanyak 3,600

"Halo Indonesia. Saya bergabung ke dunia Twitter untuk ikut berbagi sapa, pandangan, dan inspirasi. Salam kenal. *SBY* , “ kicauan pertama SBY dalam akunnya

Keenam, sama seperti sang Istri, SBY pun ikut mengunduh photo untuk menunjukkan kalau akunnya bukan sekedar akun anonim seperti yang sedang marak saat ini dan masyarakat mempercayai kicauan dari anonim tersebut. photo pertama diunggah sang presiden adalah dirinya bersama dengan anak, mantu dan cucu saat berada di Istana Cipanas.


Ketujuh, dalam hal sarana media menggunakan akunnya, SBY sangat melek IT dan paham merek gadget hal ini terlihat dirinya menggunakan akunnya dalam dua versi yaitu desktop dan ponsel iPhone. hal ini terlihat dalam empat kicauan perdananya, dalam akunnya tercetak “via web”

Namun kemudian setelah empat kicauannya SBY menggunakan aplikasi yang terdapat dalam perangkat ponsel pintar bermerek iPhone terlihat kalimat “ via Twitter for iPhone” membalas tweet kepada Yusril Ihza Mahendra (@Yusrilihza_Mhd), Wapres Boediono (@boediono), dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring (@tifsembiring).

Sudahkah anda sudah dibalas oleh @SBYudhono ?