Jumat, 15 Maret 2013

Daftar Nama Pengganti untuk Para Calon Paus Ketika Dilantik





Pemimpin tertinggi umat Katolik se-Dunia sudah terpilih yaitu Kardinal Jorge Maria Bergoglio yang berasal dari Argentina dengan menggunakan nama Fransiskus I.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber setidaknya ada beberapa nama besar atau gelar dari Santo yang digunakan Paus baru sebagai pengganti nama aslinya, dalam urutan teratas yang sering digunakan adalah John (dalam bahasa Indonesia, Yohanes) sebanyak 21 kali sedangkan dalam urutan kedua ditempati Gregory dengan 16 kali.

Pada urutan ketiga yang sering digunakan adalah Benedict sebagaimana yang digunakan oleh Kardinal Jerman Joseph Aloisius Ratzinger ketika menjabat sebagai Paus sebanyak 15 kali, kemudian Clement sebanyak 13 kali disusul Innocent dan Leo dengan 13 kali penggunaan.

Untuk nama Pius sendiri cukup sering digunakan setidaknya dalam catatan sejarah Vatikan sudah ada 12 Paus yang menggunakan nama ini


Tidak hanya nama yang familiar seperti yang disebutkan tadi ada juga Paus yang menggunakan nama yang jarang kita kenal seperti Stephen yang pernah digunakan oleh 9 Paus kemudian Boniface dan Urban sebanyak 8 kali lalu ada Alexander dan Paul pun pernah dipakai oleh 7 dan 6 kali. 

Penggantian nama ini sudah dimulai sejak tahun 533. Kala itu Pemimpin Tertinggi Katolik Roma, Mercurius memilih menggunakan nama John atau Yohanes II sebagai gelar kepemimpinannya.

Tradisi tersebut mengakar hingga sekarang. Nama-nama tersebut dalam tradisi Kristiani adalah nama-nama kalangan agamawan yang dihormati kiprahnya dalam menjalankan misi gereja. Penggunaan nama tersebut dalam pucuk pimpinan di Vatikan adalah simbol penghormatan.