Sabtu, 09 Maret 2013

Buon Compleanno Internazionale Milano


Para Pemain Inter pertama kali terbentuk

Kalau di Indonesia tanggal 9 Maret setiap tahun diperingati sebagai Hari Musik Nasional dimana tanggal tersebut merupakan hari kelahiran daripada sang pencipta lagu kebanggsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman.

Namun tanggal 9 Maret ini juga sangat bermakna bagi sebuah klub yang berada di pusat kota Mode, Italia dimana tanggal tersebut mereka merayakan hari ulangtahun. adalah Football Club Internazionale Milano atau yang sering dikenal dengan Inter Milan atau Inter FC.

9 Maret 1908, ketika itu di kota Milan hanya ada Milan Cricket dan Football Club yang sekarang dikenal dengan AC Milan, di tanggal itu sebuah kelompok pemberontak membentuk Football Club Internazionale Milano yang bercita-cita menerima pemain asing maupun Italia dengan ditunjukkan kapten pertama Inter adalah Hernst Mankti seorang kewarganegaraan Swiss dan seragam mereka adalah emas, hitam dan biru hingga saat ini.

Sejarah prestasi pun ditoreh pertama kali pada tahun 1910 dengan meraih gelar Liga Italia dengan kapten tim saat itu Virgillio Fossati namun setelah prestasi ini Inter kehilangan sang kapten karena tewas dalam Perang Dunia I namun hebatnya pasca tewasnya sang kapten 10 tahun kemudian Inter meraih gelar kedua mereka

Parade Piala yang diraih Inter Milan sepanjang klub berdiri

Total prestasi yang diraih Inter selama 150 tahun berdiri adalah 18 trofi Serie A, 7 Coppa Italia dan 5 Piala Super Italia di ajang domestik serta 3 titel Liga Champions, 3 Piala UEFA, 1 Piala Dunia Antar Klub dan 2 Piala Interkontinental.

Prestasi pemain maupun pelatih yang pernah bermukim di klub yang bermarkas di Corso Vittorio Emanuele II 9,, 20122 Milan ini cukup mumpuni seperti Castellazzi, DeMaria dan Giuseppe Meazza yang membawa Italia juara Piala Dunia 1934

Kemudian ada pelatih Helenio Herrera anak asuhnya Sarti, Burgnich, Facchetti, Bedin, Guarneri, Picchi, Jair, Mazzola, Milani (Domenghini), Suarez, dan Corso yang akan selalu dikenal Interisti, sebutan untuk fans Inter dimana menang besar Sisi tiga gelar Serie A (1964, 1965 dan 1966 yang terakhir adalah Scudetto kesepuluh yang memungkinkan klub untuk memakai satu bintang emas di seragam mereka), dua Piala Eropa (1964 melawan Real Madrid dan 1965 melawan Benfica) dan dua Intercontinental Cups (tahun 1964 dan 1965, baik terhadap pakaian Argentina Independiente). Pada tahun 1964, Suarez memenangkan kejuaraan Eropa dengan tim nasional Spanyol.

Kemudian ada Roberto Mancini yang sukses menjadi pelatih dengan memberikan trofi Copa Italia untuk klub selama tujuh tahun terakhir pada tahun 2005 dilanjutkan dengan Piala Super Italia


Lothar Matthaeus menjadi pemain Inter pertama yang dianugerahi Pemain Terbaik Eropa pada tahun 1991 yang kemudian disusul oleh sang fenomenal Ronaldo meraih penghargaan FIFA World Player pertama kali dan Ballon d’Or yang kedua kali ditahun 1998.




Sepanjang Inter berdiri, 30 tahun diantaranya dipimpin oleh Dinasti Moratti yang dimulai oleh Angelo Moratti pimpin Inter dari 1955 hingga 1968 yang kemudian dilanjutkan oleh sang anak Massimo Moratti selama 15 tahun dari tahun 1995 hingga 2004 kemudian dilanjutkan kembali pada tahun 2006 hingga saat ini.


Sepanjang klub dipimpin Massiomo Moratti banyak prestasi diraih salah satunya yang fenomenal adalah ketika Inter diasuh oleh pelatih Jose Mourinho yang baru pindah dari Chelsea memberikan tigal gelar sekaligus, Juara Serie A, Liga Champion dan Coppa Italia


 “Saya harap keluarga saya terutama ayah saya diingat atas sumbangsihnya membawa klub ini ke level internasional dan dicintai di seluruh dunia. Ini merupakan takdir. Begitu banyak kesulitan tapi itu membawa kita semua dalam petualangan ini,” ujar pria kelahiran Bosco Chiesanouva, Italia, 16 Mei 1945 tersebut.







Buon Compleanno Internazionale Milano