Kamis, 17 April 2014

Istri Dubes RI Gelar Pameran Lukisan Karyanya






Ditengah kesibukannya mendampingi sang suami sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus tidak membuat Wiwik Oratmangun melepaskan bakat seninya yaitu melukis.

Hal ini bisa dibuktikan dengan tampilnya 23 buah lukisan karya dirinya yang dipamerkan di Galery Art-Naïve Moskow sejak Selasa (15/4).

Sebagaimana diinformasikan Sekretaris I Pensosbud KBRI Moskow Lailal K Yuniarti  melalui email mengatakan pameran bertema "Happiness" itu dipenuhi lukisan-lukisan dengan warna-warni ceria yang sangat menonjol. Pameran berlangsung mulai tanggal 15-24 April 2014.

selama ini Firstlady Dubes RI ini melukis di atas porselen, sejak musim panas tahun lalu, Wiwik mulai mengeksplorasi lukisannya di atas kanvas.

Dengan bimbinan seorang pelukis terkenal Indonesia, Erica Hestu Wahyuni, Wiwik mulai menciptakan sejumlah lukisan dengan menggunakan acrylic.

"Kehidupan seni rupa di Moskow yang sangat berkembang memberikan inspirasi bagi saya untuk berkarya. Selain itu saya juga ingin menunjukkan bahwa usia bukan penghalang bagi kita untuk belajar dan mencoba sesuatu yang baru", ujar Wiwik dalam sambutannya saat pembukaan pameran Selasa malam lalu.

Wanita bernama lengkap  Sih Elsiwi Handayani Oratmangun ini juga menyampaikan bahwa pameran tersebut berlangsung atas kerjasama Russian Club of Art and Culture, JJDavies  Gallerie  dan Galery Art-Naïve Moskow.





 Natalia Golytshina, President Russian Club of Art and Culture yang juga seorang pelukis profesional, menyambut baik terlaksananya pameran karya Wiwik Oratmangun itu.

"Sejak pertama kali melihat karya lukisnya, saya langsung tertarik dan terus memberi semangat kepada Wiwik agar mau menampilkan hasil karyanya kepada masyarakat pencinta seni lukis di Moskow", ujar Natalia Golytshina.

Menurut Natalia, lukisan-lukisan karya Wiwik memiliki kekuatan khusus terutama pada pemilihan warna yang sangat ceria dan hidup.

Sebagai pelukis yang belum lama memulai melukis di atas kanvas, lukisan-lukisan bunga, pemandangan alam Indonesia dan Rusia, potret diri dan juga binatang yang dibuatnya sudah memiliki ciri khas tersendiri.

Selain lukisan-lukisan di atas kanvas, Wiwik juga menampilkan lukisan-lukisan di botol, matrioshka dan sejumlah kaleng kerupuk multiguna asal Indonesia.





Disamping guratan kuas dan pemilihan warna yang kuat, lukisan-lukisannnya menjadi lebih menarik dengan adanya puisi di setiap lukisan yang dipamerkan. Puisi-puisi karya putra bungsunya, Resiyaman Patrick Oratmangun, membuat setiap lukisan menjadi semakin hidup.

Selain pameran tunggal di Galery Art-Naive, dua ukisan karya Wiwik Oratmangun sebelumnya telah dipamerkan bersama karya para pelukis Rusia di Galery Perpustakaan Seni A.P. Bogolubov, Moskow. 

Tidak hanya pameran, namun dua lukisan tersebut juga diikutsertakan dalam kompetisi lukisan seluruh pelukis Rusia dan mendapatkan penghargaan khusus. Selanjutnya, kedua lukisan tersebut juga dipamerkan di Galery milik Kebun Binatang Moskow. 

Disamping memajang  hasil karya Wiwik Oratmangun, acara pembukaan pameran juga dimeriahkan dengan penampilan tari Cendrawasih oleh siswi Sekolah Indonesia Moskow dan tari Yapong persembahan anggota Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskow

Termuat di > http://bit.ly/1fbClSL

@Lorcasz