Rabu, 16 Oktober 2013

Mencicipi Wine dari Pegunungan Fuji

Ketika menyebut daerah asal pembuat minuman anggur (wine) semua orang pasti akan menyebut Perancis dan dataran Eropa namun apakah ada yang tahu kalau wine itu juga diproduksi di Asia yaitu Jepang.

Hal inilah yang belum diketahui masyarakat pecinta wine di Indonesia dan karena itu Kedutaan Besar Kerajaan Jepang di Indonesia bekerjasama dengan Prefektur Yamanishi menghadirkan produk wine olahan daerah tersebut.

Kegiatan pengenalan jenis wine asal Prefektur Yamanishi ini dilakukan di Kediaman Resmi Dutabesar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Kerajaan Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta

Sejumlah tamu undangan yang rata-rata para pelaku bisnis pariwisata dan perhotelan pun tumpah ruah ingin mencicip kenikmatan rasa wine Jepang yang berada dalam posisi ke-13 dalam skala global, terlebih ada produk wine yang dikombinasikan dengan keindahan mekarnya bunga sakura dalam botol.

Ketika disinggung apa yang menjadi keistimewaan wine Jepang terutama dari Prefektur Yamanishi, sang Gubernur Shomei Yokouchi mengatakan terletak pada buah yang difermentasikan selama seribu tahun.

“Istimewanya wine ini menggunakan varietas yang namanya Koshu, anggur yang dibudidayakan seribu tahun lamanya dan hanya ada di Jepang, “ucapnya.

Ketika ditanya kenapa memilih Indonesia sebagai bagian dari perkenalan wine, Gubernur Yokouchi mengatakan bahwa pihaknya melihat prospek Indonesia cukup bagus setelah mendapatkan laporan kalau perusahaan asal Jepang yang berinvestasi di Indonesia selalu berkembang pesat dan ini negara kedua setelah Thailand

“ Prefektur Yamanishi melihat prospek Indonesia yang cukup bagus setelah melihat perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia yang berkembang pesat, dan Indonesia adalah negara kedua setelah Thailand,”ujarnya.

Namun sayangnya, para pecinta wine di Indonesia belum bisa merasakan kenikmatan wine ini di pasaran atau hotel, karena masih dalam penjajakan untuk kerjasama distributor namun kabar gembiranya minuman ini sudah ada dalam kelas bisnis di maskapai Garuda Indonesia