Senin, 24 Februari 2014

Inisiatif Sutija, Anak Muncang Pun Bisa Bersekolah


Guyuran hujan dan jalan menanjak serta turunan yang terjal tidak menghalangi para relawan Indonesia Berkibar bersama Bait Al Kamil dan BNI Syariah dalam menyalurkan bantuan pendidikan kepada murid SD di kawasan Lebak, Banten.

Perjuangan jalan menanjak dan menurun tajam yang tidak rata dengan lumpur serta guyuran hujan tersebut terbayar dengan senyuman dan keceriaan dari anak-anak SDN 01 Filial Girijagabaya.

Menurut Kepala Sekolah SDN O1 Filial, R.R Sutija ini berawal dari bertemunya dengan beberapa anak di kawasan ini  sehabis melakukan perjalanan dinas sekitar tujuh kilo dari tempat dirinya bekerja.






“Sehabis perjalanan sekitar tujuh kilo dari rumah ke induk dengan jalan berbatu serta licin, bertemu dengan anak-anak ini dan bertanya kepada bapak Aceng, ini mereka datang dari mana, saya takut anak-anak ini bertemu ular dan harimau, kemudian saya bertemu dengan orang induk dan meminta untuk menyediakan sekolah,”ucapnya

Berkat usaha dari Kepala Sekolah Sutija kepada induk akhirnya menemukan tempat keberadaan anak-anak itu yang ternyata terdapat sekitar 31 anak dan mendirikan sekolah yang berupa tidak layaknya gubuk.

Dan ketika PedomanNEWS bersama komunitas penggiat pendidikan Indonesia Berkibar (ID Berkibar), Bait Al Kamil serta BNI Syariah mendatangi lokasi sudah berubah menjadi sekolah yang memiliki bangunan yang layak dan dalam tahap perampungan walau belum sepenuhnya sesuai standar penunjang pendidikan salah satunya belum tersedianya sanitasi air.

Dalam acara ini, ID Berkibar bersama Bait Al Kamil serta BNI Syariah memberikan bantuan berupa perlengkapan penunjang pengajaran seperti peta Indonesia, lemari buku, buku pelajaran serta peralatan sekolah untuk para murid serta seragam pramuka.

kepala Sekolah Sutija pun berharap kedepannya lebih baik, anak-anak di sekolah ini bisa terus belajar seperti teman-temannya di lain tempat.