Minggu, 01 Desember 2013

Durex dan PAOGI Gelar Hari AIDS Sedunia

Memperingati Hari AIDS sedunia, produsen kondom, Durex bersama bersama PAOGI (Persatuan Anggota Muda Obstetri dan Ginekologi) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS bertema “Lindungi Generasi Muda dari HIV/AIDS”.

Kegiatan yang berlangsung saat car free day ini dilakukan untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman tentang kesehatan reproduksi demi melindungi generasi muda dari HIV/AIDS.

Menurut Ratanjit Das selaku General Manager RB Indonesia mengatakan bahwa data tentang infeksi HIV yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan sangat memprihatinkan dan pihaknya merasa wajib untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menekan angka tersebut.

“Data mengenai infeksi HIV yang dilaporkan oleh Kementerian Kesehatan sangat memprihatinkan. Sebagai brand yang mengedepankan kesejahteraan seksual, kami merasa wajib untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam upaya menekan angka infeksi HIV di Indonesia,” ungkap Ratanjit Das, General Manager RB Indonesia.

Ratanjit Das juga menambahkan bahwa masyarakat saat ini haruslah memiliki pemahaman yang benar dan mampu melindungi diri mereka dari resiko penyebaran HIV/AIDS, hal ini dibuktikannya selama tiga tahun terakhir ini pihaknya sudah menjalankan berbagai kampanye dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya pencegahan tersebut.

“Masyarakat saat ini haruslah memiliki pemahaman yang benar, dan mampu melindungi diri mereka dari risiko penyebaran HIV/AIDS. Selama tiga tahun terakhir ini kami sudah menjalankan berbagai kampanye dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya pencegahan dan penyebaran HIV/AIDS di Indonesia. Kemitraan kami dengan PAOGI di tahun ini diharapkan akan dapat membuahkan hasil yang positif,” tambah Ratanjit Das.

Sementara itu Ketua PAOGI, Dr Rizki Azenda mengatakan dengan bekerjasama dengan Durex dengan dilatarbelakangi satu visi dan rasa kepedulian untuk menjadikan Indonesia bebas dari HIV/.AIDS dan tentunya acara ini tidak berhenti sampai disini.

“Kerjasama dengan Durex dilatarbelakangi dengan kesamaan visi dan rasa kepedulian kami sebagai sebuah organisasi professional untuk menjadikan Indonesia bebas dari HIV/AIDS, dan tentunya kami tidak akan berhenti sampai di sini. Kami akan secara konsisten membangun pengetahuan dan pemahaman yang memadai bagi kaum muda dan calon ibu akan kesehatan seksual dan reproduksi. Harapan kami adalah membantu upaya pencegahan HIV/AIDS di kalangan generasi masa depan.”ucapnya

Sebagai informasi, kegiatan hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dilakukan selama bulan November hingga Desember 2013, yang dimulai dengan seminar “Lindungi Ibu dari HIV/AIDS untuk Menyelamatkan Generasi Penerus” pada tanggal 3 November 2013 di Universitas Indonesia, sampai dengan road show ke lima sekolah menengah atas di Jakarta bertajuk “Kesehatan Reproduksi Remaja dan Generasi Penerus Tanpa HIV/AIDS” yang dilakukan selama bulan November 2013.

Selanjutnya di tanggal 1 Desember 2013 dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat umum yang dibarengi dengan acara seremonial peringatan Hari AIDS Sedunia, pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gratis, panggung musik oleh siswa/i SMA di Jakarta yang peduli HIV/AIDS, dan kegiatan donasi yang melibatkan masyarakat luas.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan donasi cukup dengan datang ke acara, berfoto, dan mengunduhnya ke jejaring sosial. Setiap 1 partisipasi masyarakat, Durex berkomitmen untuk menyumbangkan Rp10.000,- untuk program-program pencegahan dan penanganan HIV/AIDS.


Seperti diketahui, berdasarkan data terbaru dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, di tahun 2012 jumlah infeksi HIV baru untuk kelompok usia 15-24 tahun berjumlah 3.661 kasus. Baru-baru ini, data yang sama menunjukkan bahwa dalam kurun waktu enam bulan (Januari-Juni 2013), terdapat 1.996 infeksi HIV baru dari kelompok usia 15-24 tahun di Indonesia.