Meneruskan
peran aktif perusahaan dalam memperbaiki tingkat literasi finansial di
Indonesia, Citi Indonesia, melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), bekerjasama
dengan Teater Koma, dan Yayasan Mitra Mandiri kembali menghadirkan program
pendidikan keuangan kepada pelajar SD melalui pertunjukan teater “Petualangan
Agen Penny” di SDN Sukadanau 02 Bekasi, hari ini (28/11).
Terkait
dengan sosialisasi tersebut, Tigor Siahaan, Citi Country Officer, Citibank
Indonesia menjelaskan program pendidikan keuangan yang diberikan pada usia dini
dapat membantu membangun generasi muda yang sadar keuangan, dan lebih peka,
selektif serta cermat dalam mengatur keuangannya.
“Dengan
meningkatnya literasi keuangan pada masyarakat Indonesia, diharapkan mereka
akan dapat memilih dan menggunakan produk serta jasa keuangan yang tepat dan
dapat mendukung kehidupan,” ungkapnya.
Sementara itu, Muliaman Hadad, Ketua Dewan Komisioner OJK mengatakan pihaknya mengharapkan terjadinya aktivitas berbagi pengetahuan dalam mengelola keuangan kepada murid sekolah dasar secara konsisten dan komprehensif
“Kegiatan
pendidikan keuangan yang dilakukan oleh Citi Indonesia, sejalan dengan rencana
jangka panjang OJK bersama dengan pemerintah yang fokus pada peningkatan
literasi keuangan di lingkup nasional,” ungkapnya
Dirinya menambahkan bahwa pemberian informasi dan pendidikan keuangan sejak dini merupakan langkah awal dari penerapan inklusi keuangan yang akan membawa pengaruh positif pada industri jasa keuangan baik secara sistem maupun kualitas keuangan produk dan jasa.
Dalam
kesempatan yang sama Gino Latief, Executive Director Yayasan Mitra Mandiri
Indonesia menuturkan kemampuan anak usia 10-12 tahun atau usia pelajar kelas V
dan VI SD untuk menyerap pesan dan konsep yang sedikit kompleks telah
berkembang dengan baik, sehingga sangat ideal apabila anak usia tersebut mulai
diperkenalkan mengenai pengetahuan keuangan yang lebih komprehensif.”
“Namun, penyampaian pesan yang lebih kompleks tetap harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan bagi anak-anak, sehingga pesan lebih mudah dipahami dan dapat diasosiasikan dengan kegiatan keseharian mereka.
Tahun ini juga merupakan tahun kedua dari pelaksanaan Kompetisi Membuat Celengan untuk menggali dan mengembangkan kreatifitas anak,” tuturnya.
Terkait
dengan kemasan acara, Ratna Riantiarno selaku pimpinan produksi Teater Koma
mengatakan bahwa uang dan transaksi keuangan merupakan kegiatan yang dekat
dengan segala lapisan masyarakat namun itu tidak mudah dipahami oleh anak-anak
“Uang
dan transaksi keuangan merupakan kegiatan yang dekat dengan segala lapisan
masyarakat, namun hal-hal tersebut merupakan konsep yang tidak mudah dipahami
oleh anak-anak,” kata Ratna Riantiarno, Pimpinan Produksi Teater Koma.
Ratna juga mengatakan bahwa memanfaatkan kegemaran anak-anak membaca komik dan menonton membuat anak mudah mengerti akan manfaat dari konsep tersebut
“Memanfaatkan
kegemaran anak-anak membaca komik dan menonton, Petualangan Agen Penny
dirancang untuk mengemas pengetahuan keuangan dasar sehingga menjadi menarik
dan mudah dimengerti oleh anak-anak usia pelajar kelas V dan VI SD.”ucapnya
Sebagai
informasi, Petualangan Agen Penny berisi kisah seru Agen Penny dan Will Power,
tokoh rekaan dari terjemahan buku komik yang mengajarkan tiga pengetahuan dasar
keuangan, yaitu merencanakan penggunaan uang, membelanjakan uang dengan cermat,
dan mulai belajar menabung.
Pementasan
Petualangan Agen Penny telah dimainkan di beberapa negara di Asia seperti
Malaysia, Singapura, Hongkong, Jepang serta Amerika dan Eropa.
Di
Indonesia sendiri, pertunjukan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun
2007 ini telah mengunjungi 446 Sekolah Dasar, melibatkan 440 relawan Citi Peka,
2.060 guru dan kepala sekolah serta disaksikan oleh 39.280 murid SD di Jakarta
dan sekitarnya.
Sekolah-sekolah
tersebut juga mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan dan
mendapatkan buku komik untuk perpustakaan sekolah. Sebagai bentuk komitmen
terhadap pentingnya program Petualangan Agen Penny, Citi Foundation melalui
Citi Peka sebagai perwakilan Citi Indonesia dalam tahun 2013 menganggarkan dana
sebesar US$200.000 untuk mendukung pelaksanaan program ini di Indonesia.
Citi
Peka (PEduli dan berKArya) merupakan unit didalam Citibank Indonesia yang
bertujuan mengelola kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan
pendidikan keuangan sebagai salah satu fokusnya di Indonesia.