Senin, 19 Agustus 2013

Sri Mulyani : Potensi Diaspora Indonesia Kekuatan Ekonomi Utama

Ada yang menarik dari hari kedua Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta ini dengan hadirnya mantan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati dan memberikan paparannya dihadapan lebih dari tiga ribu delegasi dari 26 negara.

Mantan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati yang kini menjabat sebagai Managing Director World Bank, berada di Tanah Air menghadiri kongres Jaringan Diaspora Indonesia.
Dalam acara bertajuk Diaspora Power: Its Relevance For Indonesia, Sri Mulyani menyampaikan pandangan mengenai potensi diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai negara, sebagai sebuah kekuatan ekonomi yang cukup potensial.

Menurutnya berdasarkan data dari segi remitansi hingga kuartal I/2013 jumlah kiriman uang dari luar negeri ke kawasan Indonesia sekitar USD1,8 miliar walau biaya administrasinya masih cukup tinggi sekitar 10%

"Dari sisi remitansi, sampai kuartal I/2013 kira-kira kiriman uang dari luar negeri ke Indonesia sekitar US$1,8 miliar, walau biaya pengiriman uang dari luar negeri ke Tanah Air masih cukup tinggi, berkisar 10%.,”ucapnya.

Menurutnya masalah ini menjadi faktor yang memperlemah daya saing dan keenganan masyarakat Indonesia di luar negeri mengirimkan dana melalui perbankan.


Bahkan dalam forum G-20,menurutnya sejumlah negara mulai memikirkan adanya keseragaman biaya pengiriman uang dengan besaran kira-kira sekitar 5%.


JCC, 18072013, 09:16
@Lorcasz