Minggu, 16 Desember 2012

Jangan Memberikan CSR Jika Perusahaan Tidak Mampu



JAKARTA, Catatan Lorcasz – Banyak perusahaan yang melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility atau biasa dikenal dengan CSR tanpa memikirkan kemampuan dari perusahaan tersebut kalau memang tidak mampu tidak perlu melakukan CSR







Hal ini disampaikan oleh Yanti Triwadiantini Koestoer, Penggiat CSR kalangan swasta pada sebuah acara yang bertajuk Empowering a Few to Empower Many yang berlangsung di fX Mall, Kamis (6/12)

“jangan memberikan janji lebih kalau tidak sesuai dengan kemampuan perusahaan,” ucapnya.






Menurut Yanti, tantang perusahaan melakukan kegiatan CSR adalah mendekatkan kesenjangan harapan masyarakat dan kemampuan perusahaan karena selama ini banyak terjadi kesalahpahaman dalam menerapkan kegiatan sosial ini.

Sementara itu menurut Maria R Nindita, merasa sangat penting mengkomunikasikan CSR kepada masyarakat namun perlu diingat juga bahwa ketika perusahaan selalu memberikan donasi dalam kegiatan sosial ini maka kedepannya akan timbul budaya meminta-minta.


“ mengkomunikasikan CSR kepada masyarakat penting. namun perlu diingat ketika perusahaan selalu memberikan dalam CSR maka kedepannya akan timbul budaya meminta-minta,” ucapnya.

Maria juga menambahkan kiranya kegiatan CSR itu lebih menitikberatkan pada pembangunan diginiti atau atittute sangat painting dalam mengurangi kemiskinan seperti pelatihan yang bisa menghasilkan di masa mendatang.

Yanti dan Maria pun berprediksi tren kegiatan CSR pada tahun 2013 masih menitikberatkan pada dunia pendidikan selain itu isu lingkungan dan perubahan iklim mulai diminati beberapa perusahaan