Jumat, 03 Mei 2013

Die Vierte Macht Buka Festival Film Eropa 2013




Die Vierte Macht (The Fourth State) Film perpaduan antara dunia jurnalis dan trik politik Eropa Timur dengan diselimuti percintaan asal Jerman resmi sebagai tanda di bukanya Festival Film Eropa 2013.

Festival yang tahun ini memasuki tahun ke-13 ini secara resmi dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam dan ASEAN, Julian Wilson bersama Dubes Republik Federal Jerman Georg Witschel.

Selain dibuka oleh dua Dubes, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti mantan Dubes RI untuk Republik Ceko, Salim Said, selebritis Rima Melati, bahkan salah satu legenda sepakbola Finlandia yang sukses di klub Belanda, Ajak Amsterdam, Jari Litmanen hadir lebih memilih duduk menyendiri diantara penonton bersama dengan Dubes Finlandia, Kai Sauer daripada duduk bersama dengan para tamu VIP yang disediakan oleh panitia.

Film asal Jerman ini pun berhasil meraih nominasi sinematografi terbaik di Jerman Film Festival 2012 ini menceritakan tentang kehidupan Paul Jensen. Paul diceritakan sudah bosan dengan rutinitas yang ia hadapi di Jerman.

Oleh karena itu, ia memutuskan untuk pindah ke Moskow, Rusia. Dari sinilah hidup Paul mulai berubah. Namun perubahan ini bukanlah perubahan yang Paul inginkan. Kehidupan barunya di Moskow, memaksa Paul untuk terlibat konspirasi politik Rusia yang kejam.

Film ini sendiri masih akan diputar di Pusat Budaya Jerman, Goethe Haus pada 5 Mei mulai pukul 19.30 dan Erasmus Huis, Kuningan tanggal 11 Mei pukul 17.00