Jumat, 03 Mei 2013

A Create, Kolaborasi Antara Musisi dan Kreativitas


Sebuah festival kreatif akan hadir di Jakarta awal pekan ini yang menghadirkan talenta-talenta yang ada di negara ini mulai dari kurator, komunitas hingga musisi.

Acara bertajuk, A CREATE adalah sebuah festival kreatif dari produsen rokok Sampoerna A Mild yang diselenggarakan perdana pada Sabtu (4/5) esok di Kartika Expo, Jakarta.

Dengan mengambil tema Start Your Movement, A CREATE memiliki tujuan untuk memberdayakan talenta-talenta yang ada, baik kurator, komunitas yang mereka bina maupun masyarakat umum yang hadir. Acara ini juga dapat diharapkan dapat menciptakan sesuatu yang baru, kreatif, otentik, dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Dalam acara ini setidaknya ada lima kurator seni terpilih yang diproyeksikan untuk menggapai tujuan dan harapan Sampoerna A Mild tersebut, yakni Anton Ismael (fotografer), Dana Maulana (perancang busana), Ade Darmawan (kurator seni visual), Anton Wirjono (kurator pasar busana), dan Eric Wirjanata (penggiat kancah musik).

Sedangkan untuk konser musiknya sendiri, ada sejumlah nama yang akan tampil beserta pula kolaborator mereka, yaitu The Upstairs dengan David Bayu dari Naif, The S.I.G.I.T. dengan Ridho Slank, Rock N Roll Mafia dengan Yacko, White Shoes and the Couples Company, Homogenic, dan Agrikulture.

Terkait acara ini, Robert Gautama, Senior Brand Manager Sampoerna A Mild mengatakan bahwa ajang ini merupakan evolusi tindak lanjut dari acara yang pernah diadakan setelah melakukan beberapa kali evaluasi.

“Melalui A CREATE yang gabungan lima disiplin kreatif, Sampoerna A ingin memberdayakan kaum urban dan progresif agar terinspirasi dalam berkarya. Selain menyuguhkan penampilan para musisi, penari, visual mapping, dan eksibisi foto, akan digelar pula workshop musik dan fotografi dari para kurator. Di wadah ini mereka bisa bertukar ide dan ilmu dengan pengunjung yang hadir,” lanjur Robert.

Robert juga berharap acara  “A CREATE ini lebih lengkap. Kontennya lebih kaya, tidak hanya musik. Selain itu, kami menekankan proses pertukaran knowledge.

Sebagai informasi, masing-masing kurator telah menyiapkan konsep persembahannya masing-masing untuk A CREATE: Anton Ismael dengan eksibisi fotografi yang mengedepankan proses sebagai tema utama,

Dana Maulana menghadirkan open backstage di mana pengunjung dapat menyaksikan persiapan di balik layar sebuah pergelaran mode, Anton Wirjono lewat pasar busana yang menghadirkan berbagai macam merek pakaian, Ade Darmawan berkolaborasi dengan empat seniman.

Sedangkan Eric Wirjanata mengadakan kolaborasi songwriting bersama empat musisi ternama (Rendy Surindrapati dari Hightime Rebellion, Bin Harlan Boer, David Tarigan, dan Jimi Multhazam dari The Upstairs/Morfem).

Acara A-Create ini hanya untuk yang berumur 18 tahun ke atas dan harga tiket sebesar Rp.30,000