Senin, 18 Agustus 2014

Banggalah Gunakan Bahasa Indonesia

Pasti bertanya kenapa w taruh judul di sana, karena ini ada berkaitan dengan bulan Agustus yang bertepatan dengan Kemerdekaan RI berusia 69 tahun (cukup tua ya kalau disejajarkan dengan manusia)

Tapi lebih kepada sentilan kepada masyarakat kita yang NGAKU nya orang Indonesia tapi ketika berbicara tidak menunjukkan bahwa dia orang Indonesia dalam kata lain sering menggunakan bahasa Inggris.

Kalau ditanya apakah ada yang salah ? sebenarnya  sich ndak masalah tapi aneh aja hal ini sering w lihat bahkan ya (maaf) ada seorang pejabat Istana a.k.a diplomat muda dalam berbagai hal termasuk dalam jejaring social menggunakan bahasa Inggris padahal dirinya tinggal dan kerja di Indonesia, dan inilah photo dinamika rakyat di Indonesia ?

Kalau mau jujur dan  maaf  w paling jijik dengan orang model seperti ini, dan lebih jujur lagi w salut dengan orang Korea Selatan, Korea Utara, Persia, Tiongkok, Jepang, Amerika Latin ketika dimana pun termasuk para pejabatnya berada diluar negaranya tetap menggunakan bahasa ibu mereka kalaupun tidak gunakan bahasa ibu mereka maka mereka gunakan bahasa setempat bukan bahasa Inggris.

Kalau ndak percaya dengan ucapan w silakan check video dibawah ini :







Coba bandingkan dengan Presiden Republik Indonesia, bahasa apakah yang digunakan ? padahal tempatnya sama yaitu Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York dan uniknya bahasa pengantar untuk membawa Presiden Indonesia untuk berpidato adalah BAHASA SPANYOL !!


http://youtu.be/jZzZwAYENn4

Bahasa Inggris hanya digunakan kalau memang diperlukan, mungkin kalian pernah mereka melihat orang dari negara-negara yang w sebutin tidak pernah menggunakan bahasa Inggris bahkan dalam forum internasional pun mereka gunakan alat penerjemah karena mereka bangga dengan bahasa ibu mereka.

Bahkan dalam serial TV, West Wing aja ada adegan pembicaraan telepon antara Presiden AS dengan Presiden Tiongkok dengan bantuan penerjemah atau dalam film Trilogy Ocean pun ada orang Tiongkok dalam interaksinya selalu menggunakan bahasa ibu mereka namun bisa dipahami oleh teman-temannya

Tapi dinegara sendiri, justru di rumah sendiri para manusia Indonesia ini menggunakan bahasa Inggris sebegini hinakah bahasa Indonesia tidak dianggap oleh warganya ckckckck…

Seharusnya dimana pun mereka atau tinggal bahasa Indonesia itu digunakan, contoh lah bagaimana Presiden Indonesia dulu, Soeharto di tiap kesempatan selalu menggunakan penerjemah dalam melakukan pembicaraan dengan koleanya.

Kalau ditanya, kalau pakai penejermah pasti ribet dan tidak akan nyambung, karena dengan  bisa bahasa Inggris segalanya lancar.

Oke memang ribet, tapi kembali lagi kita punya bahasa utama yaitu bahasa Indonesia, tapi kenapa mesti pake bahasa Inggris hanya untuk sekedar menyapa atau berinteraksi dengan kolega di jejaring social

Coba w tanya kepada seseorang yang bekerja atau diperbantukan ke Istana dalam jejaring social w, coba pikir pake OTAK lu, ngapain para bule diplomat yang akan kerja di Jakarta mati-matian belajar bahasa Indonesia sementara anda dalam jejaring social aja pake bahasa Inggris, anda ini orang Indonesia atau bukan ?!

Bangga lah dengan bahasa Indonesia yang anda gunakan sejak terbentuknya kolaborasi  dari sperma dan sel telur orang Indonesia hingga saat ini, kemana pun dan dimanapun gunakan bahasa Indonesia kecuali jika memang diperlukan, lihat bagaimana negara-negara yang sebutkan di atas dalam setiap kegiatan selalu menggunakan bahasa Ibu mereka bahkan menggunakan bahasa setempat (diluar bahasa Inggris) mereka berada.

PERCUMA belajar kuliah tinggi-tinggi di luar negeri kampus paling bonafit di sebuah negara tapi terus-terusan kangen dengan Indonesia, masakannya, tariannya, kumpul bocah ketika peringatan HUT RI, atau Lebaran  dengan menumpang di KBRI, tetapi ketika sudah di dalam negeri atau menjadi pejabat apa yang di kangenin ketika masa pendidikan atau di luar negeri tersebut buyar dan tidak berpendirian terutama dalam berbahasa Indonesia !

Mungkin tulisan ini bagi kalian tidak ada maknanya dan hanya sampah tapi ndak apalah paling tidak sampai hari ini w masih berbahasa Indonesia termasuk berinteraksi dengan diplomat asing, bahkan ada diplomatic asing dari Amerika Serikat atau saat ini dari Korea Selatan serta Jepang ketika menghubungi saya meminta ketemuan untuk sekedar minum teh atau makan siang selalu menggunakan bahasa Indonesia.

Termasuk dalam berbicara mengenai isu yang ada saat ini baik di Indonesia maupun di negara asalnya selalu menggunaan bahasa Indonesia, kenapa para diplomat kita tidak menggunakan apa yang w dan diplomat asing itu lakukan ya termasuk dalam wawancara televisi negara setempat?

Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69 semoga makin jaya, makin sukses sesuai dengan kapasitas negaranya yang besar dan tetap dimana pun berada selalu menggunakan bahasa Indonsia


Tuhan Berkati, Tuhan Berkati Indonesia !!
Medan Merdeka Utara 140814 18:45

@Lorcasz